3 Tahap Jalannya Perang Padri

3 Tahap Jalannya Perang Padri

3 Tahap Jalannya Perang Padri

3 Tahap Jalannya Perang Padri
3 Tahap Jalannya Perang Padri

Jalannya Perang Paderi sanggup dibagi menjadi 3 tahapan, berikut.

1 ) Tahap I, tahun 1803 – 1821

Ciri perang tahap pertama ini ialah murni perang saudara dan belum ada campur tangan pihak luar, dalam hal ini Belanda. Perang ini mengalami perkembangan gres dikala kaum Adat meminta santunan kepada Belanda. Sejak itu dimulailah Perang Paderi melawan Belanda.

2 ) Tahap II, tahun 1822 – 1832

Tahap ini ditandai dengan meredanya pertempuran alasannya Belanda berhasil mengadakan perjanjian dengan kaum Paderi yang makin melemah. Pada tahun 1825, berhubung dengan adanya perlawanan Diponegoro di Jawa, pemerintah Hindia Belanda dihadapkan pada kesulitan baru.

Kekuatan militer Belanda terbatas, dan harus menghadapi dua perlawanan besar yaitu perlawanan kaum Paderi dan perlawanan Diponegoro.

Oleh alasannya itu, Belanda mengadakan perjanjian perdamaian dengan Kaum Paderi. Perjanjian tersebut ialah Perjanjian Masang (1825) yang berisi duduk kasus gencatan senjata di antara kedua belah pihak. (https://blog.fe-saburai.ac.id/jenis-dan-contoh-jaringan-tumbuhan/)

Setelah Perang Diponegoro selesai, Belanda kembali menggempur kaum Paderi di bawah pimpinan Letkol Ellout tahun 1831. Kemudian, disusul juga oleh pasukan yang dipimpin Mayor Michiels.

3 ) Tahap III, tahun 1832 – 1838

Perang pada tahap ini ialah perang semesta rakyat Minangkabau mengusir Belanda. Sejak tahun 1831 kaum Adat dan kaum Paderi bersatu melawan Belanda yang dipimpin oleh Tuanku Imam Bonjol.

Pada tanggal 16 Agustus 1837 jam 8 pagi, Bonjol secara keseluruhan diduduki Belanda. Tuanku Imam mengungsi ke Marapak. Pertempuran itu berakhir dengan penangkapan Tuanku Imam, yang eksklusif dibawa ke Padang.

Selanjutnya atas perintah Letkol Michiels, Tuanku Imam diasingkan ke Cianjur, Jawa Barat pada tahun 1838. Kemudian pada tahun 1839 dipindah ke Ambon. Tiga tahun lalu dipindah ke Manado hingga meninggal pada tanggal 6 November 1964 pada usia 92 tahun.