Cara Budidaya Pembesaran Ikan Lele Di Kolam Beton Yang Hemat Biaya

Cara Budidaya Pembesaran Ikan Lele Di Kolam Beton Yang Hemat Biaya

Cara Budidaya Pembesaran Ikan Lele Di Kolam Beton Yang Hemat Biaya

Cara Budidaya Pembesaran Ikan Lele Di Kolam Beton Yang Hemat Biaya
Cara Budidaya Pembesaran Ikan Lele Di Kolam Beton Yang Hemat Biaya
Cara budidaya ikan lele di kolam beton memanglah lebih mahal dibanding dengan budi daya ikan lele memakai terpal. Mahal bukanlah lantaran bibit atau perawatannya namun lantaran kolam beton yang perlu di buat pada awal usaha. Umumnya entrepreneur lele pilih kolam terpal atau kolam tanah untuk lakukan budidaya termasuk juga ikan lele lantaran lebih murah dalam membuatnya. Walau sebenarnya memakai kolam terpal atau tanah memiliki banyak resiko serta gampang terkena penyakit dan hama. Dibanding dengan memakai kolam terpal atau tanah , kolam beton memanglah lebih unggul.

Cara budidaya ikan lele di kolam beton

Cara budidaya ikan bawal di kolam terpal serta di kolam beton sudah pasti tidak sama , mulai dari pembersihan hingga perawatannya. Budi daya dengan memakai kolam terpal atau tanah mesti lakukan perawatan yang lebih dibanding dengan memakai kolam semen. Tetapi saat sebelum mengambil langkah bagaimana caranya budidaya pembesaran ikan lele di kolam beton , Anda mesti tahu apapun yang perlu di perhatikan dalam bikin kolam beton untuk budidaya lele. Bikin kolam beton atau semen untuk budidaya lele yang perlu di perhatikan yaitu dalam pembuatan konstruksi kolam. Basic kolam arus di buat melandai seputar 5 derajat ke arah pembuangan air keluar untuk memudahkan dalam perubahan air.
Terkecuali konstruksi basic kolam yang melandai , saluran pembuangan dari kolam juga mesti baik. Upayakan saluran itu dapat buang semua air serta endapan yang dihasilkan bekas makanan , endapan lumpur , serta kotoran dari si ikan lele. Kunci sukses dalam cara budidaya pembesaran ikan lele di kolam beton yang masih tetap baru yaitu janganlah segera di beri air tetapi mesti dikerjakan persiapan terlebih dulu. Persiapan itu dikerjakan supaya ikan lele nanti tak keracunan lantaran kolam yang masih tetap baru di buat masih tetap memiliki kandungan senyawa yang beresiko serta masih tetap panas. Bila tak dikerjakan persiapan , mungkin saja pembibitan yang dikerjakan tidak berhasil serta tak membuahkan lele.

Persiapan budidaya ikan lele di Kolam Beton

Persiapan yang dikerjakan dalam cara budidaya ikan lele di kolam beton itu dikerjakan lebih kurang sepanjang 1 bln.. Pertama yang dikerjakan dalam step persiapan itu yaitu menyingkirkan toksin yang ada didalam kolam baru. Menyingkirkan toksin dalam kolam baru cukup gampang yakni dengan isi air dalam kolam hingga 1/2 penuh. Lalu masukkan batang pisang seperlunya serta biarlah hingga membusuk. Umumnya batang pisang bakal membusuk sendiri sesudah 2 minggu. Manfaat dari batang pisang itu yaitu untuk menyingkirkan toksin yang ada didalam kolam beton yang baru.

Cara Pembesaran Ikan Lele

di kolam tanah tak perlu lakukan persiapan dengan batang pisang tidak sama yang memakai kolam beton. Sesudah batang pisang membusuk kolam dibikin bersih serta di beri kotoran ayam atau sapi untuk menumbuhkan pakan alami lele berbentuk plankton serta untuk menyingkirkan bibit penyakit dan tingkatkan PH di air. Ingat , dalam cara budidaya ikan lele di kolam beton sangatlah tak dianjurkan untuk memakai kapur dalam tingkatkan PH air. Pada kolam juga butuh untuk di beri aliran air dengan memakai pipa selebar 1 cm yang ditutup dengan kasa , aliran itu supaya air terus bersih.