Cara Kompres dan Konversi File PDF Online ke Word, Excel, PTT, JPG

Cara Kompres dan Konversi File PDF Online ke Word, Excel, PTT, JPG

Cara Kompres dan Konversi File PDF Online ke Word, Excel, PTT, JPG

 

Cara Kompres dan Konversi File PDF Online ke Word, Excel, PTT, JPG
Cara Kompres dan Konversi File PDF Online ke Word, Excel, PTT, JPG

Cara kompres file PDF online tak butuh aplikasi atau software khusus, tinggal kunjungi situs web yang menawarkan

layanan itu. Ini juga berlaku untuk cara konversi, dari PDF ke Word, Excel, PTT termasuk JPG dan sebaliknya.

Kompres file PDF bertujuan untuk memerkecil ukuran bila dirasa ukuran asli sangat besar sehingga terlalu ‘berat’ jika harus disematkan di email. Sementara konversi, bertujuan untuk mengubah jenis file. Misalnya, dari PDF ke Word dan sebaliknya.

Ada 3 situs web yang bisa dimanfaatkan untuk tujuan tersebut, yakni PDF Compressor, Soda PDF, dan Small PDF. Berikut langkah-langkah sederhana dalam cara kompres dan konversi file PDF online ke Word, Excel, PTT, termasuk JPG di 3 situs web tersebut.

PDF Compressor

PDF Compressor menawarkan antarmuka mudah dipahami dengan layanan utama yang disusun dalam beberapa tab. Tapi, situs web ini hanya menawarkan layanan konversi bukan kompres. Menunya, terletak di landing page yang disusun sejajar horizontal dalam tab-tab khusus.

Untuk menggunakan layanan situs web ini, cukup kunjungi situs web PDF Compressor, lalu pilih layanan konversi yang diinginkan. Misalnya, memilih PDF ke DOC (Word), atau mengubah file PDF ke tipe DOC.

Cara konversi file PDF online di PDF Compressor

Kunjungi situs web PDF Compressor
Di menu tab, pilih salah satu layanan, misalnya konversi PDF ke DOC
Berikutnya, pilih UNGGAH FILE. File ini bisa dihapus bila salah memilih dengan klik HAPUS
Cara lainnya, bisa dengan drag and drop atau seret file di kotak tersedia (Letakkan File Anda di Sini)
Tunggu proses konversi hingga selesai
Klik UNDUH SEMUA bila proses konversi rampung
Selesai

Soda PDF

Meski Soda PDF hadir dalam bentuk aplikasi atau software di komputer, layanan mereka juga bisa pula diakses melalui situs web. Di sana, Soda PDF menampilkan antarmuka mirip aplikasi desktop dengan menu-menu terkait, tapi tak cuma konversi dan kompres.

Ada menu tambahan, seperti ciptakan file PDF baru, edit, dan lainnya. Namun, layanan ini ada tawaran berbayar. Artinya, ada beberapa fitur tertentu terkunci, yang bisa ‘dibuka’ atau digunakan setelah membelinya.

Small PDF

Small PDF memiliki fitur paling lengkap dibandingkan 2 layanan sebelumnya. Sebab, selain kompres dan koversi, Small PDF juga menawarkan fitur edit, menggabungkan, melindungi (kunci), termasuk memisahkan (split) file PDF.

Untuk cara menggunakan layanan di situs web Small PDF tak jauh berbeda dengan 2 layanan sebelumnya. Di landing page Small PDF ditampilkan beragam menu yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Prosesnya juga serupa: unggah > proses > selesai > unduh.

PDF atau Portable Document Format merupakan format file yang diciptakan oleh Adobe System pada 1993 guna keperluan digital. PDF kerap disebut sebagai dokumen ‘komplet’ lantaran memuat teks, citra, dan grafik vektor dua dimensi.

Sumber:

https://movistarnext.com/breaking-news-apk/