Ciri-Ciri Penyerbukan Sendiri

Ciri-Ciri Penyerbukan Sendiri

Ciri-Ciri Penyerbukan Sendiri

Ciri-Ciri Penyerbukan Sendiri
Ciri-Ciri Penyerbukan Sendiri
Ada beberapa karakteristik karakteristik penyerbukan sendiri yang membedakan jenis penyerbukan ini dengan jenis lainnya. Inilah ciri-ciri ini.

1. Jatuhnya serbuk sari di stigma kepala bunga itu sendiri

Sesuai dengan maknanya, karakteristik penyerbukan itu sendiri ditandai dengan jatuhnya serbuk sari dari bunga itu sendiri. Penyerbukan sanggup terjadi dengan sumbangan angin (anemogami), insan (anthropogami), dengan sumbangan binatang (zoidiogami), atau dengan sumbangan air (hydrogami).

2. Terjadi hanya pada bunga hermaprodit

Karena pistil dibuahi oleh serbuk sari yang berasal dari bunga itu sendiri, penyerbukan sendiri tentu saja hanya terjadi pada flora dengan bunga hermaprodit. Bunga hermaprodit yaitu bunga yang mempunyai 2 alat kelamin penuh, jantan dan betina dalam satu bunga duduk. Contoh bunga hermaprodit menyerupai bunga kembang sepatu, bunga padi, bunga flora buah naga dan lain sebagainya. (https://bandarlampungkota.go.id/blog/pancasila-sebagai-dasar-negara/)

3. Tidak menghasilkan variasi keturunan

Ciri karakteristik terakhir dari penyerbukan yaitu bahwa hasil penyerbukan tidak menghasilkan variasi keturunan. Jenis kelamin pria dan wanita berasal dari satu flora saja, oleh alasannya yaitu itu tidak ada warisan dari sifat-sifat yang berbeda menyerupai penyerbukan silang atau penyerbukan bastar.