Definisi Fawatih Al-Suwari

Definisi Fawatih Al-Suwari

Definisi Fawatih Al-Suwari

Definisi Fawatih Al-Suwari

Dari segi bahasa, Fawatihus Suwar berarti pembukaan-pembukaan surat, karena posisinya yang mengawali perjalanan teks-teks pada suatu surat. Apabila dimulai dengan huruf-huruf hijaiyah, huruf cenderung ‘menyendiri’ dan tidak bergabung membentuk suatu kalimat secara kebahasaan. Dari segi pembacaannya pun, tidaklah berbeda dari lafazh yang diucapkan pada huruf hijaiyah.

Ibnu Abi Al Asba’ menulis sebuah kitab yang secara mendalam membahas tentang bab ini, yaitu kitab Al-Khaqathir Al-Sawanih fi Asrar Al-Fawatih. Ia mencoba menggambarkan tentang beberapa kategori dari pembukaan-pembukaan surat yang ada di dalam Al-Quran. Pembagian karakter pembukaannya adalah sebagai berikut. Pertama, pujian terhadap Allah swt yang dinisbahkan kepada sifat-sifat kesempurnaan Tuhan. Kedua, yang menggunakan huruf-huruf hijaiyah; terdapat pada 29 surat. ketiga, dengan mempergunakan kata seru (ahrufun nida), terdapat dalam sepuluh surat. lima seruan ditujukan kepada Rasul secara khusus. Dan lima yang lain ditujukan kepada umat. Keempat, kalimat berita (jumlah khabariyah); terdapat dalam 23 surat. kelima, dalam bentuk sumpah (Al-Aqsam); terdapat dalam 15 surat.

Pembuka-pembuka surat (fawatih suwari) disebut didalam Al-Qur’an terdapat lima macam bentuk yaitu sebagai berikut.[1]

  1. Ada yang hanya terdiri dari satu huruf, ini terdapat pada tiga surat: Shad, Qaf, dan Al-Qalam.
  2. Ada yang terdiri dari dua huruf. Ini terdapat pada sepuluh surat. Tujuh diantaranyahawaamim, karena surat-surat ini dimulai dengan huruf ha dan mim. Yaitu surat 40 hingga surat 46 yakni surat Ghafir, Fushshilat, Asy Syura, Az Zukhruf, Al Jatsiah dan Al Ahqaf, sedang surat yang ke-46 digabungkan kepada ha mim, yaitu padanya terdapat ‘ain, sin qaf. Surat yang kedelapan dari yang kesepuluh ini ialah tha ha (surat yang ke-20).
  3. Ada yang terdiri dari tiga huruf . ini terdapat pada tiga belas surat. Enam surat diawali dengan Alif Lam Mim, yaitu surat-surat Albaqarah, Ali Imran, Al Ankabut, Ar Rum, Luqman, dan As Sajdah.
  4. Ada yang dimulai dengan empat huruf yaitu surat: Al A’raf dan Ar Ra’d. Surat Al A’raf dimulai dengan Alif Lam Mim, dan surat Ar Ra’d dimulai dengan Alif Lam Mim Ra.
  5. Ada yang terdiri dari lima huruf. Ini terdapat pada satu surat saja, yaitu surat Maryam. Surat  ini dimulai dengan Kaf Ha Ya ‘Ain Shad.

II.2      Kedudukan Pembuka Surat Al-Qur’an

Menurut As-Suyuti, pembukaan-pembukaan surat (awail Al-suwar) atau huruf-huruf potongan (Al-huruf Al-Muqatta’ah) ini termasuk ayat-ayat mutasyabihat.[2] Sebagai ayat-ayat mutasyabihat, para ulama berbeda pendapat lagi dalam memahami dan menafsirkannya. Dalam hal ini pendapat para ulama pada pokoknya terbagi dua. Pertama, pertama ulama yang memahaminya sebagai rahasia yang hanya diketahui oleh Allah. As-Suyuti memandang pendapat ini sebagai pendapat yang mukhtar (terpilih). Ibnu Al-Munzir meriwayatkan bahwa ketika Al-Syabi ditanya tentang pembukaan-pembukaan surat ini berkata;

 

sumber :

Steampunk Defense 2.0.3 Apk + Mod Unlimited Money