Definisi Keluarga

Definisi Keluarga

Definisi Keluarga

Definisi Keluarga
Definisi Keluarga

 

Penting bagi seorang perawat untuk mempelajari lebih jauh tentang “keluarga’, di samping karena keluarga termasuk sasaran dalam pelayanan keperawatan, juga karena di dalam keluarga, seorang manusia pertama kali memperoleh nilai-nilai yang akan dibawanya ke mayarakat ketika ia dewasa.

Definisi keluarga menurut Burgess dkk (1963) adalah

Keluarga adalah kumpulan orang yang bersatu melalui ikatan perkawinan, darah, maupun adopsi.
Keluarga adalah kumpulan orang yang hidup bersama dalam satu rumah tangga, ATAU, mereka yang hidup terpisah tetapi masih menganggap rumah tangga itu sebagai rumah mereka.
Keluarga terdiri dari anggota keluarga yang berinteraksi dan berkomunikasi satu sama lain, sesuai peran masing-masing.
Keluarga menggunakan kultur yang sama.
Tidak dipungkiri, sekarang telah berkembang bentuk-bentuk keluarga di luar kebiasaan keluarga kita (keluarga inti dengan ayah ibu dan anak-anak). Sedangkan definisi keluarga haruslah yang dapat menggambarkan bentuk-bentuk keluarga secara keseluruhan. Oleh karena itu, definisi keluarga kemudian berkembang menjadi “dua orang atau lebih yang disatukan oleh kedekatan kebersamaan dan emosional, dan mengidentifikasikan diri mereka sebagai bagian dari keluarga”.

Baca Juga: Fungsi Lembaga Keluarga

Sebagai tambahan, keluarga dapat juga didefinisikan sebagai “kesatuan yang kompleks yang terdiri dari komponen-komponen, dimana masing-masing komponen memiliki arti”. Keluarga, adalah sebuah sistem sosial yang saling tergantung. Tujuan keluarga itu sendiri adalah untuk meningkatkan dan mempertahankan kebudayaan (contohnya seorang mahasiswa macam saya yang di kampus menggunakan bahasa Indonesia, begitu sampai di rumah kembali ke ‘adat’ semula yaitu pakai bahasa Jawa halus…). Selain itu, tujuan keluarga adalah sebagai tempat perkembangan fisik, mental, emosional dan sosial.

Bentuk keluarga menurut Sussman (1974) dan Macklin (1988)

terdiri dari keluarga tradisional dan “variannya” yaitu keluarga nontradisional. Kata “varian” disini digunakan untuk menghindari konotasi negatif terhadap bentuk keluarga tersebut.