Dewan Ketahanan Pangan Gelar Rakor

Dewan Ketahanan Pangan Gelar Rakor

Dewan Ketahanan Pangan Gelar Rakor

 

Dewan Ketahanan Pangan Gelar Rakor

Sekretaris Daerah

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor yang juga sekaligus Ketua Dewan Ketahanan Pangan Kota Bogor Ade Sarip Hidayat meminta agar seluruh unsur yang terkait dalam Dewan Ketahanan Pangan Kota Bogor berperan aktif mewujudkan ketahanan pangan yang tangguh melalui penciptaan iklim yang kondusif bagi berfungsinya sub sistem ketersediaan distribusi dan konsumsi pangan secara sinergis.

Hal itu diungkapkan Ade saat membuka kegiatan Rapat Koordinasi Ketahanan Pangan Kota Bogor tahun 2018 di ruang Galuh Hotel Salak The heritage jalan Ir. H. Juanda, Kota Bogor, Senin (14/05/2018).

Ade menegaskan

Dewan Ketahanan Pangan juga harus mampu meningkatkan pemberdayaan dan kemandirian masyarakat untuk mewujudkan ketahanan pangan yang berkelanjutan sesuai dengan tema yang diusung pada rakor kali ini, yakni meningkatkan peran Dewan Ketahanan Pangan dalam mewujudkan ketahanan pangan wilayah.

Dewan Ketahanan Pangan

Dia menjelaskan rapat koordinasi Dewan Ketahanan Pangan merupakan forum strategis yang diadakan secara berkala dan berkelanjutan untuk mengevaluasi mendiskusikan, membahas permasalahan serta menetapkan langkah-langkah operasional bersama dalam membangun ketahanan pangan.

Ia menyebutkan ada 4 peranan dan kewajiban pemerintah dalam pemenuhan pangan di Indonesia. Hal ini sesuai dengan pokok-pokok pemikiran dalam Undang-Undang Nomor 18 tahun 2012 tentang Pangan. Pertama, suatu kewajiban bagi pemerintah dalam mengelola stabilisasi pasokan dan harga pangan pokok guna memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. Kedua, mengelola distribusi pangan pokok, pemerintah wajib mendistribusikan pangan pokok dari daerah produsen ke daerah konsumen. Ketiga, mengelola cadangan pokok dan keempat, mewujudkan pangan yang bergizi bagi masyarakat.

Dewan Ketahanan Pangan Kota Bogor

Rakor kali ini dihadiri unsur Dewan Ketahanan Pangan Kota Bogor, antara lain dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas PUPR, Dinas Perhubungan, Satpol PP, BPBD, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan Tim penggerak PKK Kota Bogor.

 

Artikel terkait: