FAKTOR PENGHAMBAT PEMBANGUNAN EKONOMI

 FAKTOR PENGHAMBAT PEMBANGUNAN EKONOMI

Untuk menjelaskan sebab-sebab negara berkembang mengalami berbagai kesulitan mengembangkan perekonomian mereka, ada beberapa analisis yang dapat dipandang sebagai teori yang menerangkan faktor yang menjadi penghambat pembangunan ekonomi.  Ada 2 faktor yang menghambat pembangunan ekonomi yaitu berdasarkan dari dalam negeri dan dari luar negeri. Berikut ini adalah teori penghambat pembangunan ekonomi yang berdasarkan dari dalam negeri, yaitu:

  1. Analisis mengenai pengaruh perkembangan penduduk terhadap beberapa aspek dalam pembangunan ekonomi. Dalam teori ini harus diperhatikan ada efek positif dan efek negatif dari perkembangan penduduk.Efek positif dari perkembangan penduduk yaitu pada tingkat pembangunan yang lebih tinggi, pertambahan penduduk dapat memberikan sumbangan yang lebih besar bagi pengembangan kegiatan ekonomi. Dorongan lain yang timbul dari perkembangan penduduk adalah perluasan pasar. Luas pasar barang-barang dan jasa ditentukan oleh dua faktor penting, yaitu pendapatan masyarakat dan jumlah penduduk. Maka apabila penduduk bertambah dengan sendirinya luas pasar akan bertambah pula.

Lalu efek negatif dari perkembangan penduduk yaitu apabila produktivitas sektor produksi sangat rendah dan dalam masyarakat terdapat banyak pengangguran. Dengan adanya kedua keadaan ini, pertambahan penduduk tidak akan menaikkan produksi secara signifikan. Yang lebih buruk lagi, masalah pengangguran akan menjadi bertambah serius.

  1. Efek dualisme ekonomi terhadap mekanisme pasar

Berbagai hambatan yang timbul adanya dualisme dalam perekonomian yang baru berkembang bersumber dari pengaruh sektor tradisional kepada kehidupan masyarakat dan kegiatan perekonomian. Sebagian besar kegiatan ekonomi negara berkembang yang relatif miskin masih menggunakan teknik-teknik yang sangat sederhana dan cara berfikir yang masih kuno. Hal yang pertama menyebabkan produktivitas berbagai kegiatan produktif sangat rendah, dan hal yang kedua menyebabkan usaha-usaha pembaruan sangat terbatas. Dengan demikian cara berproduksi tradisional dan memiliki produktivitas rendah tidak mengalami perubahan dari masa ke masa.

  1. Lingkaran perangkap kemiskinan terhadap pembangunan ekonomi

yang dimaksud dengan lingkaran perangkap kemiskinan terhadap pembangunan ekonomi, adalah serangkaian kekuatan yang saling mempengaruhi secara sedemikian rupa sehingga menimbulkan keadaan dimana sesuatu negara akan tetap miskin san akan tetap mengalami banyak kesukaran untuk mencapai tingkat pembangunan yang lebih tinggi. Kemiskinan bukan saja disebabkan oleh ketiadaan pembangunan di masa lalu tetapi juga menghadirkan hambatan kepada pembangunan di masa depan.

baca juga :

Pos-pos Terbaru