FUNGSI USUS BESAR 

FUNGSI USUS BESAR 

Fungsi Usus Besar

Memindahkan Makanan.

Fungsi pemindahan makanan ini dilakukan oleh sekum. Ketika makanan yang sudah dicerna memasuki sekum, maka bagian ini mulai mengembang untuk menampung makanan tersebut dan memindahkannya ke bagian inti usus besar.

Menyerap Air.

Dalam waktu 24 jam setelah Anda mengkonsumsi makanan, maka makanan yang telah dicerna di lambung dan usus halus akan tiba di usus besar. Disinilah ada banyak air yang kemudian diserap. Penyerapan air dilakukan agar dihasilkannya limbah padat berupa feses.

Menyerap Vitamin.

Di dalam usus besar, terdapat sejumlah bakteri yang hidup dan menghasilkan banyak vitamin. Diantaranya adalah vitamin K dan biotin yang kemudian diserap kembali oleh tubuh melalui usus besar.

Mengurangi PH atau Keasaman.

Selain menghasilkan vitamin, bakteri yang ada di dalam usus besar juga memproduksi asam lemak yang menyebabkan kadar keasaman di dalam usus meningkat. Untuk itu, usus besar berfungsi menghasilkan larutan alkali yang membantu mengurangi kadar keasaman sehingga memperoleh keseimbangan pH.

Melindungi dari Infeksi.

Usus besar mempunyai lapisan lendir, bermanfaat untuk melindungi lapisan usus dari bakteri berbahaya yang bisa menyebabkan infeksi pada usus.

Mengeluarkan Kotoran.

Rektum menjalankan fungsi ini. Setelah semua sari-sari makanan dan air terserap, maka terjadi proses pembentukan tinja padat atau feses yang kemudian dikeluarkan melalui rektum.


Sumber : Rumusguru.com