Gaya Kepemimpinan Inspirasional

Gaya Kepemimpinan Inspirasional
  1. Gaya Kepemimpinan Inspirasional

Gaya Kepemimpinan Inspirasional

Kepemimpinan inspirasional yaitu kepemimpinan inspirasional yaitu suatu seorang pemimpin yang dapat menggerakkan dan memberikan ide-ide yang jelas, harapan dan prestasi serta dapat membangkitkan semangat dan antusiasi dan optimisme yang tinggi untuk mencapai visi dan tujuan organisasi. Sehingga pemimpin dalam merencanakan, mengorganisasikan, menggerakkan, mengawasi dan menilai sebaiknya juga dapat memeberikan motivasi kepada bawahanya untuk mengembangkan kinerjanya serta dapat menginspirasi anggotanya. Bass dan Avolio dalam (Wiyono, B 2013:32) mengemukakan beberapa perilaku yang menunjukkan faktor inspirational motivation, yaitu melibatkan anggota dalam menetapkan visi organisasi ke depan, menyampaikan harapan yang tinggi kepada anggota dalam mencapai tujuan, meningkatkan optimism, antusiasme, dan komitmen anggota dalam mencapai tujuan.

Menurut Zenger & Folkman (2013) menyatakan bahwa ada 10 perilaku seseorang yang dapat membantu dia untuk menjadi seorang pemimpin yang mampu menginspirasi dan memotivasi yang lain, yaitu:

 

  1. Menjalin hubungan emosional dengan bawahan
  2. Menetapkan tujuan yang jelas dan tegas
  3. Merumuskan Visi yang jelas
  4. Memiliki komunikasi yang baik
  5. Mengembangkan yang lain
  6. Mampu berkolaborasi
  7. Inovatif
  8. Senantiasa berinisiatif
  9. Pelopor dalam perubahan
  10. Menjadi panutan.

Gaya kepemimpinan inspirasional juga dipengeruhi oleh karakteristik seorang pemimpin dalam mengelola ide-ide yang sudah direncanakan, maka dalam penerapanya pemimpin lebih baik juga memperhatikan:

    1. Mengekspresikan hal-hal positif yang tepat

Seorang pemimpin yang inspiratif akan mampu mengupas sisi positf dari sutau masalah. Mereka akan mengetahui permasalahan tersebut dan mampu memberikakan penyelesaian dengan cara yang positif pula. Serta dapat mengahadapi tantangan dan kegagalan.

  1. Akan selalu berterima kasih kepada tim

Tidak ada yang mampu menyerap komitmen dari sebuah tim lain apa yang telah dirasakan ketika suatu upaya tidak dihargai oleh pimpinan. Seorang pemimpin yang tidak memberikan apresiasi kepada karyawannya dengan hasil kerjanya akan berakibat kurangnya semangat untuk bekerja. Sehingga ucapan terima kasih sangat berpengaruh terhadap kinerja karyawan.

  1. Memiliki visi, misi dan tujuan di masa depan yang jelas

Pemimpin yang hebat mampu mendeskripsikan sebuah visi, misi dan tujuan dengan sangat jelas. Melalui kata-kata, tindakan dan keyakinan, seorang pemimpin yang inspiratif untuk mengetahui seperti apa yang diinginkan dam mampu menunjukkan kepada orang lain bagaimana cara mewujudkannya.

  1. Selalu mendengarkan

Pemimpin yang inspiratif harus benar-benar mendengarkan aspirasi yang dikatakan karyawan dan mampu memberikan respon yang tepat. Pemimpin harus berlatih terbuka untuk menerima feedback dari tim dan mendorong mereka untuk bekerja sama dalam kelompok kerja.

  1. Berkomunikasi dengan baik

Pemimpin dalam berkomunikasi harus jelas agar dapat dimengerti dan dipahami oleh karyawannya. Pemimpin yang mampu menginspirasi pasti tahu kapan harus mengambil waktu yang tepat dan memastikan setiap komunikasi mampu dimengerti oleh seluruh anggota tim.

  1. Sangat dipercaya

Pemimpin yang menginspirasi orang lain memberikan informasi dengan sebenar-benarnya, berada dalam integritas dengan apa yang mereka janjikan. Untuk oitu seorang pemimpin harus dapat di percaya dan tidak pernah ingkar pada janjinya

  1. Memiliki passion yang kuat

Seorang pemimping juga harus memiliki antusiasme untuk menjadi misi organisasi yang merupakan hal penting untuk menjadi seorang pemimpin yang inspiratif. Jika seorang pemimpin tidak mampu memahami pekerjaan yang di lakukan dengan tujuannya, maka karyawan pun juga demikian. Sehingga passion yang di tunjukkan oleg seorang pemimpin akan mengingatkan semua anggota tim dalam bekerja.

sumber :