HAL PENTING DALAM PERJANJIAN HUDAIBIYAH

HAL PENTING DALAM PERJANJIAN HUDAIBIYAH

HAL PENTING DALAM PERJANJIAN HUDAIBIYAH

HAL PENTING DALAM PERJANJIAN HUDAIBIYAH

Meski di awal banyak dari kaum Muslimin

yang merasa kecewa dengan perjanjian itu. Hal ini karena dianggap Muslim banyak dirugikan akibat perjanjian tersebut, lambat laun terbukti hasilnya. Di balik perjanjian Hudaibiyah tersebut, ternyata Nabi Muhammad shallallahi alaihi wa sallam mempunyai visi politik yang sangat hebat.

  • Pertama, perjanjian Hudaibiyah ditandatangani oleh pihak Suhail bin Amr yaitu sebagai wakil dari kaum Quraisy. Suku Quraisy pun merupakan suku terhormat yang ada di Arab, sehingga Madinah diakui sebagai mempunyai otoritas sendiri.
  • Kedua, adanya beberapa perjanjian ini, pihak kaum Quraisy Makkah memberi kekuasaan kepada pihak Madinah untuk menghukum pihak Quraisy apabila menyalahi perjanjian Hudaibiyah ini. Ada beberapa keuntungan yang didapat dari perjanjian Hudaibiyah.

Beberapa di antaranya adalah, Rasulullah shallallahi alaihi wa sallam pun pada akhirnya bisa mengambil langkah untuk mengukuhkan status Madinah dengan cara mengutus berbagai utusan kepada pemimpin negara tetangga, di antaranya Mesir, Persia, Romawi, Habasyah, dll.

  • Ketiga, beliau juga menyebar pendakwah-pendakwah untuk melanjutkan penyebakan agama Islam. Hal ini juga karena adanya jaminan bahwa kaum Quraisy tidak akan memusuhi kaum muslimin. Keuntungan lainnya dari perjanjian Hudaibiyah tersebut adalah adanya kebebasan kaum muslimin untuk dapat menghukum kaum Yahudi Khaibar yang telah berada di balik layar penyerangan kaum muslimin dalam perang Khandaq.
  • Adanya perjanjian Hudaibiyah ini, juga dapat memudahkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam peristiwa penaklukan kota Makkah. Nabi Muhammad shallallahi alaihi wa sallam pun sudah mengetahui betul seperti apa karakter orang-orang Makkah. Hal ini membuat beliau sudah mengetahui bahwa mereka akan melanggar perjanjian tersebut sebelum selesai 10 tahun.

Dan hal ini pun benar-benar terjadi, sebelum sepuluh tahun, kaum Quraisy tiba-tiba melakukan pelanggaran Hudaibiyah. Hal ini pun menjadi landasan hukum untuk menaklukan kota Makkah. Karena itu, penaklukan kota Mekkah ini terjadi tanpa adanya pertumpahan darah dan akhirnya berjalan damai.


Sumber: https://muliasmartdetox.co.id/2020/04/24/root-call-blocker-pro-apk/