Identitas Pemuda

Identitas Pemuda

Identitas Pemuda

Identitas Pemuda
Identitas Pemuda

Siapakah didunia ini yang tidak pernah merasakan masa muda? Kepemudaan merupakan suatu fase pertumbuhan biologis seseorang yang bersifat seketika dan suatu waktu akan hilang dengan sendirinya.
Kenapa dikatakan akan hilang dengan sendirinya? Karena ketika usia terus bertambah maka sikap ,prilakunya dan pola pikirnya akan berubah sesuai dengan pertambahan usianya.
Dizaman modern seperti sekarang ini, Pemuda dianggap sebagai suatu kelompok yang mempunyai aspirasi sendiri yang kadang-kadang bertentangan dengan aspirasi yang biasanya berada di masyarakat sehingga muncul persoalan-persoalan dan kecemasan para pemuda karena keinginan-keinginan mereka yang bertentangan dan tidak sejalan dengan norma-norma yang berlaku dimasyarakat.
Pemuda atau generasi muda selalu menghadapi persoalan seperti kenakalan remaja, ketidakpatuhan pada orang tua, frustasi, kecanduan narkotik semua itu akibat adanya jurang antara keinginan dalam harapan dengan kenyataan yang mereka hadapi.
Dalam masyarakat pemuda dianggap sedang mengalami proses sosialisasi. Sosialisasi adalah proses yang membantu individu melalui media pembelajaran dan penyesuaian diri, bagaimana bertindak dan berpikir agar ia dapat berperan dan berfungsi, baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat. Banyaknya pemuda yang memiliki pikiran sendiri menyebabkan pertentangan baik didalam dirinya maupun di dalam kehidupan bermasyarakat.
Pertentangan ini yang menyebabkan para pemuda mulai mencari identitas dirinya, dalam melakukan pencarian identitas ini banyak para pemuda menjadikan hal-hal yang aneh menjadi identitasnya.
Di zaman yang serba ketergantungan dengan teknologi seperti sekarang ini masuknya kebudayaan asing kedalam kebudayaan kita menyebabkan banyaknya generasi muda yang kehilangan identitasnya. Banyak pemuda-pemuda di Indonesia yang menunjukan identitasnya anyaknya pemuda yang menjadikadengan cara-cara yang tak lazim misalnya banyaknya pemuda yang menjadikan tindikan dan tato di tubuh sebagai suatu ciri dari kepribadianya.
Padahal tindik dan tato di badan merupakan tindakan yang menyakiti diri sendiri akan tetapi banyak pemuda yang mengaggap bahwa tindikan dibadan merupakan suatu bagian dirinya bahkan banyak di antara mereka yang menjadikan hal tersebut untuk membangun sebuah komunitas diantara mereka.

Kehilangan identitas ini menyebabkan meningkatnya urunya jiwa nasionalisme, idealisme dan patriotisme karena para pemuda tersebut lebih mementingkan komunitasnya dan semakin tidak pastinya masa depan para generasi muda .Hal ini merupakan masalah serius yang sedang kita hadapi sekarang untuk itu diperlukannya perhatian dari orang tua dan masyarakat agar masalah ini dapat diatasi.

Sumber : https://merpati.co.id/