Kandungan Gizi Pakan Ikan Lele

Kandungan Gizi Pakan Ikan Lele

Kandungan Gizi Pakan Ikan Lele

Kandungan Gizi Pakan Ikan Lele
Kandungan Gizi Pakan Ikan Lele

Apabila kita tengok dari label yang terdaftar dalam komposisi bahan pakan ternak yang di jual oleh pokphand maupun japfa amatlah complex, hal semacam ini lantaran mereka mencantumkan zat penyusun pelet ikan lele bukan hanya bahan pangan penyusun pakan ikan lele itu. Mesi demikian zat kandungan pada pelet itu dapat kita susuri bahan pakannya, seperti mineral dapat diperoleh dari tepung tulang atau dolomite, protein kasar dapat diperoleh dari jagung serta dedak. Karenanya sekali ini kita bakal menuliskan ransum untuk pelet pakan ternak ikan lele.

Kandungan utama untuk pakan ikan yaitu : karbohidrat, protein, vitamin serta mineral. Dari logika zat makanan itu maka kita dapat membuat serta menyiapkan bahan pangan ternak yang disebut sumber dari karbohidrat, lemak, protein, vitamin serta mineral yang bisa di-mixer dengan mesin atau manual jadi pelet ikan lele. Misal Beberapa bahan itu seperti berikut :

Sumber karbohidrat:

Dedak halus; dapat diperoleh dengan mudah dari mesin penggilingan padi di seluruh Indonesia atau dibeli di poultry shop, nama lain dari dedak halus ini adalah bekatul dan merupakan sumber karbohidrat dalam pelet ikan lele yang akan kita buat.

Tepung jagung, dapat juga digunakan jagung giling yang tidak terlalu halus selain sebagi sumber karbohidrat tepung jagung ini juga mengandung protein nabati. Harga tepung jagung memang cukup mahal jadi bisa juga dicari alternatif lain seperti tepung sagu.

Sumber protein:

Tepung ikan, dijual di poultry shop dan bisa juga dibuat sendiri dari ikan kering yang ditepungkan. Coba anda perhatikan pakan ikan lele dari pabrik pakan ternak, selalu beraroma ikan. Aroma ikan itu berasal dari tepung ikan ini sebagai sumber protein pada pelet tersebut.

Bungkil kelapa, bungkil kelapa juga mudah didapatkan hampir semua poultry shop menjual bungkil kelapa ini, peran bungkil kelapa dalam pelet ikan adalah sebagai sumber protein nabati dan lemak.

Sumber Vitamin:

Dalam membuat pelet ikan ini kita akan menggunakan minyak ikan sebagai sumber vitamin terutama untuk vitamin A, dan vitamin C untuk ternak yang bisa dibeli secara eceran di poultry shop. Vitamin A berperan penting untuk pertumbuhan dan kesehatan ternak begitu juga dengan vitamin C yang sangat berguna menjaga agar ikan lele menjadi aktif serta merangsang nafsu makan.

Sumber mineral

Sumber mineral ini dapat dimanfaatkan tepung tulang, tepung dolomite atau secara praktis diebeli mineral tepung di poultry shop, harga mineral per Kg saat ini sekitar Rp. 6000. Semua mineral untuk ternak bisa dignakan untuk campuran pembuatan pelet ikan ini.

Sumber: https://www.semuaikan.com/