Kelenjar Pada sistem endokrin Manusia

2.3 Kelenjar Pada sistem endokrin Manusia

Pada sistem endokrin terdapat beberapa kelenjar yaitu :

  1. Kelenjar Hipofisis (pituitari)

Merupakan kelenjar kecil,garis tengahnya kurang dari 1 cm dan berat sekitar 0,5 sampai 1 gram yang terletak dalam sel latursica pada basis otak dan dihubungkan dengan hipitalamus oleh tangkai pituitaria,atau infundibulum hipotalami.

Pembagian hormon hipofisis

Secara fisiologis dibagi dalam dua bagian :

  1. Hipofisis anterior, juga dikenal sebagai adehipofisis

Sekresi hipofisis anterior diatur oleh hormon yang dinamakan “releasing” dan “inhibitory hormones (“ faktor”) hipotalamus” yang disekresi dalam hipotalamus sendiri dan kemudian dihantarkan ke hipofisis anterior melalui pembuluh darah kecil yang dinamakan pembuluh portal hipotalamik-hipofisial. Kelenjar hipofisis anterior terdiri atas beberapa jenis sel. Pada umumnya, terdapat satu jenis sel untuk setiap jenis untuk setiap sel jenis hormon yang dibentuk pada kelenjar ini dengan teknik perawatan khusus, berbagai jenis sel ini dapat dibedakan satu sama lain. Satu-satunya kemungkinan pengecualiannya adalah sel dari jenis yang sama mungkin menyekresi hormon luteinisasi dan hormon perangsang folikel.

  1. Hipofisis posterior, juga dikenal sebagai sebagai neurohipofisis.

Sekresi hipofisis posterior diatur oleh serabut saraf yang berasal dari hipotalamus dan berakhir pada hipofisis posterior. Kelenjar hipofisis posterior, juga dinamakan neurohipofisis, terutama terdiri atas sel-sel seperti sel glia yang dinamakan pituisis. Akan tetapi, pituisis tidak menyekresi hormon, mereka bekerja sebagai struktur penyokong untuk serabut saraf terminal yang jumlahnya banyak dan ujung-ujung saraf terminal dari traktus saraf yang berasal dari nuklei suproaptikus dan paraventrikularis hipotalamus. Traktus-traktus ini berjalan ke neurohipofisis melalui infudibulum hipotalami. Ujung-ujung saraf merupakan tombol-tombol bolusa yang terletak pada permukaan kapiler, tempat mereka menyekresi hormon-hormon hipofisis posterior:

(1)   Hormon antidiuretik (ADH), juga dinamakan vasopresin dan

(2)   Oksitosin. Kedua hormon ini merupakan polipeptida kecil, masing-masing mengandung sembilan asam amino. Mereka identik satu sama lain kecuali untuk dua asam amino.

Hipothalamus menghasilkan :

–          Releasing hormon (RH) : merangsang hipofisis anterior

–          Inhibitory hormon (IH) : menghambat hipofisis anterior

Jadi ada RH dan HI yang spesifik untuk masing-masing hormon hormon

Misalnya : ada GH-RH dan GH-IH dll.

sumber :
https://lcs.co.id/shadow-saga-reborn-apk/