Konsep-Konsep Utama Jean Watson

Konsep-Konsep Utama Jean Watson

  1. Konsep tentang manusia

          Manusia merupakan suatu fungsi yang utuh dari diri yang terintegrasi (ingin dirawat, dihormati, mendapatkan asuhan, dipahami dan dibantu) Manusia pada dasarnya ingin merasa dimiliki oleh lingkungan sekitarnya merasa dimiliki dan merasa menjadi bagian dari kelompok atau masyarakat, dan merasa dicintai dan merasa mencintai.

  1. Konsep tentang kesehatan

               Kesehatan merupakan kuutuhan dan keharmonisan pikiran fungsi fisik dan fungsi sosial. Menekankan pada fungsi pemeliharaan dan adaptasi untuk meningkatkan fungsi dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Kesehatan merupakan keadaan terbebas dari keadaan penyakit, dan Jean Watson menekankan pada usaha-usaha yang dilakukan untuk mencapai hal tersebut.

  1. Konsep tentang lingkungan

       Berdasarkan teori Jean Watson, caring dan nursing merupakan konstanta dalam setiap keadaan di masyarakat. Perilaku caring tidak diwariskan dari generasi ke generasi berikutnya, akan tetapi hal tersebut diwariskan dengan pengaruh budaya sebagai strategi untuk melakukan mekanisme koping terhadap lingkungan tertentu.

  1. Konsep tentang keperawatan

        Keperawatan berfokus pada promosi kesehatan, pencegahan penyakit dan caring ditujukan untuk klien baik dalam keadaan sakit maupun sehat.Keperawatan berlandaskan kepada rasa kemanusiaan dan ilmu. Tujuan pemberian proses keperawatan melalui proses caring adalah untuk menolong masyarakat agar mendapatkan derajat kesehatan yang optimal. Watson (1999) menekankan bahwa perawat dalam hal ini sebagai care giver yang perlu memahami kesadaran dan kehadirannya dalam waktu berinteraksi dengan pasiennya.

2.5. Asumsi – Asumsi Jean Watson

            Watson mengidentifikasi banyak asumsi dan beberapa prinsip holografis keperawatan transpersonal. Ia berkeyakinan bahwa jiwa seseorang memiliki tubuh yang tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Sebagian dari asumsi watson (1985:32-33) yang mendasari nilai – nilai asuhan manusia dalam keperawatan adalah:

  1. Kasih sayang dan cinta adalah kekuatan kosmik yang paling universal  dan misterius dan tersusun energi psikis universal dan primal.
  2. Untuk dapat bertahan hidup seseorang harus menjadi lebih menyayangi dan mencintai untuk memelihara humanitas mereka.
  3. Menyangi dan mencintai diri sendiri adalah hal penting sebelum seseorang dapat menghargai dan merawat orang lain dengan welas asih dan penuh martabat.
  4. Kasih sayang adalah esensi dari keperawatan dan merupakan fokus utma dan penyatu untuk keperawatan.
  5. Peran merawat mengalami penurunan dalam sistem pelayanan kesehatan dan terancam oleh meningkatnya penggunaan teknologi medis dan batasan birokrasi-manajerial institusi
  6. Kontribusi sosial, moral, dan ilmiah keperawatan terhadap manusia dan masyarakat terletak pada komitmennya terhadap ideal keperawatan manusia dalam teori, praktik dan penelitian

Sumber :

https://littlehorribles.com/