Manfaat Kembang Sepatu untuk Kesehatan

Manfaat Kembang Sepatu untuk Kesehatan

Manfaat Kembang Sepatu untuk Kesehatan

Manfaat Kembang Sepatu untuk Kesehatan

Hampir semua bagian tanaman kembang sepatu bisa dimanfaatkan untuk kesehatan. Mulai dari akar, daun hingga bunganya. Malahan sekarang ini bunga sepatu sudah dikemas dalam bentuk teh. Jadi tinggal seduh saja, kita sudah bisa merasakan khasiat dari teh bunga sepatu ini.

  1. Mengeluarkan Racun

Teh yang terbuat dari kelopak bunga sepatu mengandung antioksidan yang tinggi yang dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Selain itu, juga dapat melawan kanker dan mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Saat ini teh bunga sepatu sudah banyak dijual bebas.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan minyak yang terdapat dalam bunga sepatu dapat membantu Anda membersihkan kulit wajah, mengangkat sel-sel kulit mati dan membuat kulit lebih halus. Selain itu, bagian bunganya juga mempunyai sifat anti inflamasi sehingga dapat membantu mengatasi jerawat dan mencegah penuaan dini. Caranya, ambil kelopak bunga sepatu kemudian remas-remas dan gosokkan di sekitar wajah dan leher secara lembut.

  1. Mengatasi PMS

Premenstrual Syndrom (PMS) terjadi pada wanita saat menjelang menstruasi dimana terjadi perubahan hormonal yang menyebabkan suasana hati menjadi tidak menentu. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mengkonsumsi teh bunga sepatu agar perasaan menjadi lebih rileks.

  1. Meredakan Demam dan Pilek

Anggota keluarga Anda mengalami demam disertai pilek? Tidak ada salahnya untuk mencoba teh bunga sepatu. Di dalamnya ada terdapat kandungan vitamin C yang membantu melawan virus penyebab pilek.

  1. Menurunkan Berat Badan

Hampir semua orang tentunya ingin memiliki tubuh langsing dan sehat. Namun, tumpukan lemak dan kalori dalam tubuh seringali menyebabkan kegemukan. Untuk mengatasinya anda bisa mencoba mengkonsumsi teh bunga sepatu secara rutin.

  1. Menambah Energi

Mengkonsumsi teh bunga sepatu ternyata juga dapat mengembalikan energi yang hilang setelah beraktifitas seharian. Revitalisasi energi sangatlah penting untuk menghindari stres dan ketegangan.


Sumber:

https://works.bepress.com/m-lukito/7/