Memahami Lanskap Realitas Virtual

Memahami Lanskap Realitas Virtual

Memahami Lanskap Realitas Virtual

Memahami Lanskap Realitas Virtual
Memahami Lanskap Realitas Virtual

Batas antara dunia virtual dan dunia nyata terus berkurang, memberikan pengalaman yang memukau, yang beberapa waktu lalu, hanya dapat ditemukan dalam imajinasi penulis fiksi ilmiah.

Realitas Virtual (VR) telah menjadi “keunggulan besar berikutnya” dalam beberapa tahun terakhir, tapi akhirnya telah menjadi cara untuk menghasilkan gambar, suara, dan sensasi realistis lain yang menempatkan Anda di tengah-tengah dunia khayalan yang spektakuler. Realitas Tertambah (Augmented Reality/AR), yang menambahkan sentuhan virtual ke lingkungan dunia nyata, berkontribusi pada pergerakan itu, dan kedua teknologi ini akan menjadi bagian besar dari masa depan kita. Dengan Realitas Gabungan (Mixed Reality/MR), Anda dapat memainkan video game virtual, mengambil botol air minum di dunia nyata, dan memukul karakter khayalan dari game dengan botol itu. Imajinasi dan kenyataan belum pernah bercampur semudah ini.

Begitu banyak yang terjadi begitu cepat sehingga perbedaan antara VR, AR, dan MR tampak sedikit membingungkan pada awalnya. Masing-masing teknologi yang membuai ini dapat diakses oleh hampir setiap orang, tapi sebelum buang-buang uang yang sulit didapatkan untuk head-mounted display (HMD) teranyar, mari kita lihat apa yang Anda butuhkan untuk pengalaman VR, AR, atau MR yang menakjubkan.

Sejarah dan Masa Depan Realitas Virtual

Kami telah berupaya menangkap “Realitas Virtual” lebih lama dari lima hingga sepuluh tahun ke belakang. Ada mainan peer-through populer pada tahun 1950-an dan simulator penerbangan tertutup yang dikeluarkan pada tahun 1960, tetapi ide VR sudah ada jauh sebelum itu.

Pada 1930-an, penulis fiksi ilmiah, investor, dan peneliti memimpikan adanya sebuah lingkungan tempat Anda dapat keluar dari kenyataan melalui seni dan komputer. Kami memiliki pertanyaan tentang Realitas Virtual vs. Realitas Tertambah vs. Realitas Gabungan lama sebelum kita memiliki teknologi untuk mewujudkannya.

Teknologi telah menciptakan fiksi dan para peneliti pasar memprediksi pertumbuhan yang cepat untuk industri VR.

VR dan AR Bertemu MR

Pertama-tama, mari kita mendefinisikan istilahnya. Realitas Virtual dapat digunakan sebagai istilah umum untuk menggambarkan teknologi lain yang serupa, tetapi berbeda dengan pengalaman Realitas Virtual yang sebenarnya. Apa perbedaan antara Realitas Tertambah dan Realitas Gabungan? Berikut ini beberapa detail selengkapnya:

Realitas Virtual

VR adalah yang paling dikenal luas dari teknologi tersebut. Ini sepenuhnya Imersif, yang membuat indera Anda merasa berada di lingkungan yang berbeda atau dunia yang lain. Menggunakan head-mounted display (HMD) atau headset, Anda akan merasakan dunia gambar dan suara yang dihasilkan komputer tempat Anda dapat memanipulasi objek dan bergerak menggunakan pengontrol haptic selagi ditambatkan ke konsol atau PC.

Realitas Tertambah (AR)

AR melapisi informasi digital pada elemen dunia nyata. Pokémon GO* adalah salah satu contoh yang terkenal. Realitas Tertambah (Augmented Reality – AR) menjaga dunia nyata tetap terpusat tapi memperindahnya dengan detail digital lainnya, memberi lapisan persepsi tingkat baru, dan melengkapi kenyataan atau lingkungan Anda.

Realitas Gabungan (MR)

MR menyatukan dunia nyata dan elemen digital. Dalam realitas gabungan, Anda berinteraksi dengan dan memanipulasi item dan lingkungan virtual dan fisik, menggunakan sensor dan teknologi gambar generasi berikutnya. Realitas Gabungan memungkinkan Anda melihat dan membenamkan diri dalam dunia sekitar bahkan saat Anda berinteraksi dengan lingkungan virtual menggunakan tangan Anda sendiri, semua tanpa melepaskan headset. Juga menyediakan kemampuan untuk berdiri di dunia nyata dengan satu kaki, dan kaki lainnya di tempat imajiner, memecah konsep dasar antara nyata dan khayalan, menawarkan pengalaman yang dapat mengubah cara Anda bermain game dan bekerja hari ini.

Menggunakan Teknologi Realitas Virtual

Dari bermain game, film, hingga obat, penggunaan Realitas Virtual, Realitas Tertambah, dan Realitas Campuran berkembang.

  • Perawatan Kesehatan—Untuk pelatihan, misalnya simulasi bedah
  • Film dan TV—Untuk film dan acara guna menciptakan pengalaman yang unik
  • Perjalanan virtual—Untuk perjalanan virtual ke museum seni—atau planet lain—semuanya dari rumah
  • Olahraga profesional—Untuk program pelatihan seperti STRIVR untuk membantu atlet pro maupun amatir
  • Game—Lebih dari 1.000 game sudah tersedia, dari game first-person shooter, game strategi, hingga petualangan bermain peran

Yang Anda Perlukan: Headset

Ada banyak headset VR tersedia, semuanya dengan berbagai tingkat performa dan harga. Perlengkapan level dasar, seperti Google Cardboard*, menggunakan ponsel sebagai layar, sedangkan perangkat yang dioperasikan PC, seperti HTC Vive* atau Oculus Rift*, sangat imersif, menghadirkan lingkungan VR premium. Microsoft baru-baru ini mengumumkan platform Windows* 10 Mixed Reality yang pada awalnya menggunakan headset yang sepenuhnya imersif yang ditawarkan oleh Acer, Asus, Dell, HP, Lenovo, dan Samsung.

Beberapa headset AR tersedia di pasar saat ini, yang kabarnya akan lebih banyak di masa mendatang. Headset Microsoft Hololens*, Google Glass*, dan Meta 2* adalah contoh yang sangat baik.

Setiap HMD yang terhubung ke PC akan memiliki persyaratan sistem yang berbeda, jadi jika Anda membeli headset Realitas Virtual baru, pastikan Anda memeriksa dengan vendor HMD yang direkomendasikan dan persyaratan sistem minimalnya.

Yang Akan Anda Perlukan: Komputer

Jika Anda mencari komputer baru dan berminat pada VR, Anda memerlukan sesuatu yang dapat menangani beban berat. Jika menyangkut desktop atau laptop canggih untuk Realitas Virtual (dan tugas canggih lainnya seperti game atau pengeditan video), CPU, GPU, dan memori adalah komponen yang paling penting.

Tanpa komponen performa tinggi bekerja seirama, Anda mungkin akan memiliki pengalaman yang sangat menyedihkan. Sistem yang hebat ini akan memastikan bahwa Anda akan bersenang-senang sambil bersandar, berdiri, atau berjalan. VR yang tersendat membuat dunia virtual mustahil merespons seperti yang Anda harapkan, yang dapat mengakibatkan lebih dari sekadar kekecewaan; ini juga meningkatkan risiko mengalami pusing.

Prosesor canggih membantu dalam pelacakan posisi dan mengendalikan seberapa nyata dan imersif lingkungan virtual Anda, sehingga Anda dapat menikmati pengalaman yang lebih mendalam pada lingkungan dengan fidelitas tinggi. Untuk menikmati pengalaman VR, pertimbangkan prosesor Intel® Core™ i7.

Unit pemrosesan grafis (GPU) terpisah disarankan, atau dalam kasus Oculus Rift*, HTC Vive*, dan Windows Mixed Reality Ultra*, GPU diwajibkan. GPU bertanggung jawab untuk merender gambar imersif resolusi tinggi yang diperlukan untuk VR. Oculus, HTC, dan Microsoft semuanya memiliki alat pembaca profil yang dapat Anda unduh dari situs web mereka, dan Anda dapat menggunakannya untuk dijalankan di PC untuk menentukan apakah akan memenuhi persyaratan minimal untuk headset VR mereka.

Pilih Pengalaman Anda

Teknologi dan produk VR dan AR baru terus memasuki pasar, membuat lingkungan baru dapat diakses oleh publik. Virtual, Tertambah, Gabungan—pilihan realitas baru ada di tangan Anda. Biarkan imajinasi dan kesiapan Anda untuk mencoba peralatan baru menyempurnakan pengalaman Anda!

Istilah Utama VR yang Harus Diketahui

Gunakan bagan ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang istilah dan definisi VR.

IstilahDeskripsiMengapa Ini Penting
Bingkai per detik (FPS)Frekuensi yang mana sistem dapat menampilkan gambar atau bingkai secara berurutanTanpa laju bingkai yang konstan dan tinggi (lebih besar dari 60 FPS), gerakan tidak akan terlihat benar, dan Anda bahkan dapat merasa mual
Bidang pandangSudut dunia yang dapat dilihatJika jendela tampilan terlalu sempit, Anda dapat melakukan perputaran kepala yang tidak alami
Derajat Kebebasan (DoF)Jumlah arah gerakan atau rotasi yang dapat dilakukan objek. Enam derajat kebebasan adalah pitch, roll, yaw, kiri dan kanan, maju dan mundur, atas dan bawahLebih banyak DoF memungkinkan Anda bergerak lebih alami dalam VR
LatensiJumlah waktu yang diperlukan sistem untuk bereaksi/merespons gerakan atau perintahLatensi sangat penting ketika menyangkut kehadiran di dalam Realitas Virtual, jika sistem tidak merespons dengan seketika, maka tidak akan terasa nyata.

Sumber: https://www.ram.co.id/