Mengapa kita harus mempelajari bahasa Indonesia

Mengapa kita harus mempelajari bahasa Indonesia

Mengapa kita harus mempelajari bahasa Indonesia

Mengapa kita harus mempelajari bahasa Indonesia
Mengapa kita harus mempelajari bahasa Indonesia

Bahasa merupakan sebuah komunikasi antara seseorang dengan orang lain sehingga membentuk sebuah interaksi melahirkan pemahaman antara keduanya.  Bahasa juga dapat diibarat sebuah remote control yang dapat menyetel manusia tertawa, sedih, menangis lunglai, semangat dan sebagainya. Bahasa juga dapat digunakan untuk memasukkan gagasan-gagasan ke dalam pikiran manusia.

 

kita tahu betapa pentingnya sebuah bahasa dalam kehidupan sehari-hari.  Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi yang dipakai di Indonesia. Kita sebagai warga Negara  Indonesia pasti sadar diri, betapa banyaknya ragam bahasa di Indonesia. Lain daerah lain bahasa, orang Sumatera memiliki bahasa sendiri, orang Jawa memiliki bahasa sendiri, orang Kalimantan memiliki bahasa sendiri. Dan ragam bahasa itu menjadi kebanggaaan kita sebagai warga Negara Indonesia.

Ada beberapa alasan, kenapa kita perlu belajar bahasa Indonesia :
a. Bahasa menunjukkan bangsa
    Sebuah ungkapan atau sebuah pepatah yang memakai 2 unsur atau kata pokok yaitu bahasa

dan bangsa. Dari dua unsur dapat disimpulkan 3 arti yaitu :

  1. tabiat seseorang dapat dilihat dari cara bertutur kata mereka
  2. kesopansantunan seseorang menunjukkan asal keluarganya
  3. bahasa yang sempurna menunjukkan peradaban yang tinggi dari bangsa pemilik bahasa tersebut.
  4. Sebelum mempelajari struktur bahasa Asing, pelajari dulu struktur bahasa sendiri.

jadi aneh kalau orang Indonesia bahasa Inggrisnya baik dan struktur bahasanya bagus, tapi di  kasih untuk menulis dalam bahasa Indonesia jadi berantakan. Maka dari itu pondasi awal untuk mempelajari bahasa asing baik itu bahasa Inggris, Jerman, Belanda, Jepang dan lain sebagainya maka dari itu pelajari dulu struktur bahasa Indonesia dulu baru lanjut belajar strukrur bahasa Asing.

Tujuan mempelajari bahasa Indonesia adalah   supaya Bahasa Indonesia dipahami, dipergunakan sebagai bahasa Pemersatu di Indonesia (bahasa Komunikasi Bangsa Indonesia). disamping mempersatukan Rakyat Indonesia, juga merupakan Bahasa Indentitas Kita.

Baca Juga :