Mengenal Virtual Photoshoot yang Viral di Tengah Pandemi Corona

Mengenal Virtual Photoshoot yang Viral di Tengah Pandemi Corona

Mengenal Virtual Photoshoot yang Viral di Tengah Pandemi Corona

 

Mengenal Virtual Photoshoot yang Viral di Tengah Pandemi Corona
Mengenal Virtual Photoshoot yang Viral di Tengah Pandemi Corona

Beberapa waktu lalu, pelantun lagu “Serba Salah”, Raisa, melakukan pemotretan secara virtual bersama fotografer

Michael Cools di tengah wabah Covid-19 yang mengharuskan dilakukannya physical distancing.

Tak kalah dengan hasil foto yang dilakukan secara langsung, pemotretan virtual tersebut juga menghasilkan foto yang ciamik seperti yang diunggah pada akun Instagramnya.

Apa yang dilakukan para fotografer saat pemotretan virtual adalah sederhana. Mereka akan melakukan panggilan video dengan para kliennya, lalu mengambil gambar kliennya. Hasil pemotretan akan di edit dan dikirim kepada klien beberapa waktu kemudian.

Fotografer Tim Dunk melalui PetaPixel menjelaskan bahwa ia menggunakan aplikasi FaceTime, MacBook Pro, dan iPhone untuk melakukan pemotretan secara terpisah ini. Dunk juga menuliskan langkah-langkah yang ia tempuh untuk melakukan sesi pemotretan tersebut:

– Pemotret melalui FaceTime dari Macbook menggunakan kamera iPhone untuk hasil yang ideal. Perangkat iPad dapat bekerja, akan tetapi ia tidak memiliki kamera sebagus iPhone. Ada tombol pada layar untuk mengambil foto, dibutuhkan foto ‘Live’ yang pada dasarnya adalah video 3 detik yang dapat Anda tarik diam (atau ekspor sebagai video, atau bahkan GIF!).

– Perangkat harus menjalankan iOS 11 atau lebih baru.

– Perangkat yang digunakan harus aktif FaceTime Live Photos. Cara mengaktifkannya adalah dengan membuka Pengaturan> FaceTime> Live Photos – aktifkan.

– Atur ponsel untuk mengunggah foto ke iCloud

“Kita mulai dengan menemukan cahaya yang baik atau dengan membuat cahaya yang bagus dengan tirai. Ada

banyak titik di sekitar rumah, yang sangat bagus untuk dilakukannya pemotretan. Maka kami hanya mencoba untuk menjadi kreatif dan bersenang-senang,” tulisnya.

Foto yang telah ia jepret kemudian ia ekspor pada aplikasi edit foto. Hasilnya, ia kirim kepada para klien.

Sementara itu, pemotretan virtual ini juga dilakukan oleh fotografer dari Reem Photography Kareem Virgo. Agar bisnisnya terus berkembang, Virgo menghasilkan cara jenius untuk melakukan pemotretan virtual melalui FaceTime seperti ditulis ESSENCE.

“Semua pernikahan dan pemotretan saya dari akhir Maret hingga awal Juni telah ditunda,” katanya. “Istri saya Sandy dan saya memikirkan ide yang sangat gila, atau begitulah menurut kami, masih melakukan pemotretan dengan beberapa pasangan saat dikarantina. Yang mengejutkan kami, semua orang menyukainya,” lanjutnya.

Sebagai pengganti untuk dapat memotret kliennya secara langsung, Kareem melakukan panggilan video dengan mereka melalui FaceTime dan mengarahkan pose mereka melalui telepon. Dia kemudian mengambil foto selama panggilan dan kemudian mengedit hasil jepretan di komputernya.

Selama panggilan video yang berlangsung antara 5 hingga 10 menit, Virgo memandu orang-orang di tempat berdiri, cara memegang iPhone mereka dan cara untuk berpose. Hanya seminggu setelah memulai pemotretan virtual ini, ia telah menerima ratusan permintaan dari orang-orang di seluruh negeri.

Melansir ABC News, Virgo telah memiki perjanjian dengan hampir 500 dari orang-orang yang tersebar di seluruh

negeri dalam beberapa minggu ke depan. Faith Thomas, yang baru-baru ini mengambil foto virtualnya bersama pacarnya, Wadly, memahami bahwa ini lebih dari sekadar foto.

“Memiliki pemotretan ini adalah sekilas harapan yang kita butuhkan selama ini,” kata Thomas. “Ini pengingat bahwa masih ada keindahan dalam semua kekacauan yang terjadi,” lanjutnya.

Baca Juga: