Mengunci Aplikasi di HP Vivo Tanpa Aplikasi

conci

Mengunci Aplikasi di HP Vivo Tanpa Aplikasi

Aplikasi seperti WhatsApp, Messenger, BBM, Facebook, Snapchat, maupun Line tentu berisi tentang privasi kita. Jika sampai kebobolan saat dipinjam oleh teman, pacar, maupun saudara, maka privasimu akan terbongkar. Untuk itu, kamu perlu sebuah pengaman untuk hpmu. Kamu bisa memberi kode, pola, maupun password di layar lockscreen kamu. Namun, saya rasa cara tersebut sudah kuno, karena dengan cara tersebut maka semua aplikasi akan terkunci dan jika kamu lupa dengan kode keamanan kamu, maka kamu akan menghadapi masalah yang cukup panjang. Lalu, bagaimana cara mengunci aplikasi tertentu? Yuk simak tutorial di bawah ini.

Di zaman modern ini, sebenarnya ada teknologi keamanan yang lebih aman dan juga praktis, yaitu fingerprint. Dengan fingerprint, kamu tidak perlu takut hp kamu akan kebobolan. Karena pada dasarnya sidik jari antara satu manusia dan manusia lannya itu berbeda-beda. Kamu juga tidak perlu khawatir jika kamu akan lupa password-nya. Karena tidak mungkin kamu lupa letak jarimu bukan? Nah, bagaimana jika hpmu belum dilengkapi sensor fingerprint? Tentu akan rumit apabila setiap hidupin hp pasti disuruh mencet-mencet layar. Pasti ribet apalagi kalau sedang dalam perjalanan.

Kini, ROM Android buatan Vivo, Funtouch OS menyediakan sebuah fitur keamanan untuk semua pengguna Vivo Smartphone. Fitur tersebut memungkinkan kita untuk mengunci beberapa aplikasi yang mengandung privasi kita saja, seperti yang sudah saya sebutkan di atas misalnya. Selain itu, jika kamu lupa passwordmu, kamu tidak perlu khawatir. Karena Funtouch menyediakan alternatif security, yaitu berupa pertanyaan-pertanyaan. Penasaran dengan caranya? Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Pertama, buka menu “Pengaturan”.
  2. Kemudian, scroll ke bawah hingga kamu menemukan menu “Keamanan”.
    Gambar jendela Pengaturan
  3. Setelah menu “Keamanan” terbuka, sekarang pilih “Privasi dan Enkripsi Aplikasi”.
    Gambaf jendela Keamanan
  4. Setelah itu, kamu disuruh memasukkan 6 digit kode keamanan. Kamu bisa memilih opsi pola, kata sandi, maupun 4 digit kode keamanan dengan meng-klik menu “Opsi kata sandi”.
    Gambar memasukkan kata sandi

    Keterangan

    Gambar daftar macam kata sandi yang berlaku
    • Kata sandi alfanumerik : kata sandi biasa dengan perpaduan antara huruf alfabet dan nomor.
    • Kata Sandi 4-digit : kata sandi berupa nomor dengan jumlah 4 nomor.
    • Pola : kata sandi berupa pola minimal 4 titik.
  5. Setelah itu, atur kata sandi serumit mungkin sesuai selera kamu, kemudian kamu akan disuruh memasukkan lagi untuk kedua kalinya untuk memastikan kata sandi yang telah kamu buat.
  6. Kemudian, kamu akan disajikan pertanyaan-pertanyaan. Fungsinya sudah saya jelaskan di atas. Untuk mengubah pertanyaan, kamu tinggal klik pertanyaan tersebut, kemudian akan muncul daftar pertanyaannya. Jika sudah kamu beri jawaban, klik “Selesai” di pojok kanan atas.
    Gambar sajian pertanyaan-pertanyaan
  7. Kemudian kamu bisa mengaktifkan keamanan di beberapa aplikasi dengan cara meng-klik sakelar atau apalah di sebelah aplikasi yang hendak kamu kunci. Di sini saya mengunci Whatsapp dan Pesan.
    Gambar cara mengunci aplikasi

Setelah itu, coba buka aplikasi yang tadi kamu kunci dan selamat! Dengan begini, penyusup bisa membuka kunci hp kamu, tapi mereka tidak bisa membuka aplikasi yang kamu kunci. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa!