Menurut lembaga pemungutnya

Menurut lembaga pemungutnya

 

  1. Pajak pusat

Yaitu pajak yang dipungut oleh pemerintah pusat dan digunakan untuk membiayai rumah tangga negara.

Contoh: pajak pengasilan,pajak pertambahan nilai, pajak penjualan atas barang mewah, dan bea materai.

  1. Pajak daerah

Yaitu pajak yang dipungut oleh pemerinyah daerah dan digunakan untuk membiayai rumah tangga daerah.

Contohnya:

  • Pajak privinsi, contoh: pajak kendaraan bermotor, dan pajak bahan bakar kendaraan bermotor.
  • Pajak kabupaten/kota, contoh: pajak hotel, pajak restoran, dan pajak hiburan.

Disamping pengelompokkan pajak di atas, pajak juga dapat dibedakan menjadi dua yaitu pajak final dan pajak tidak final. Pajak final berarti bahwa pajak yang telah dibayarkan oleh Wajib Pajak melalui pemungutan atau pemotongan pihak lain dalam tahun berjalan dapat tidak dikreditkan atau dikurangkan pada total PPh yang terutang pada akhir tahun saat pengisian SPT Tahunan PPh. Sebagian besar pajak yang berlaku di Indonesia adalah pajak tidak final. Pajak tidak final adalah pajak yang telah dibayarkan oleh Wajib Pajak melalui pemungutan atau pemotongan pihak lain dalam tahun berjalan dan dapat dikreditkan pada total PPh yang terutang pada akhir tahun saat pengisian SPT Tahunan, misalnya adalah Pajak Penghasilan pasal 21, 22, 23, 24 dan PPN. Sedangkan contoh dari pajak final adalah sebagai berikut:

1.Penghasilanberupabungadepsitodantabunganlainnya, bungaobligasidansuratutang Negara, danbungasimpanan yang dibayarkanolehkoperasikepadaanggotakoperasi orang pribadi.

2.Penghasilanberupahadiahundian.

3.Penghasilandaritransaksisahamdansekuritaslainnya, transaksi derivative yang diperdagangkan di bursa, dantransaksipenjualansahamataupengalihanpenyertaan modal padaperusahaanpasangannya yang diterimaolehperusahaan modal ventura.

4.Penghasilandaritransaksipengalihanhartaberupatanahdan/ataubangunan, usahajasakonstruksi, usaha real estate, danpersewaantanahdan/ataubangunan.

5.PajakPenghasilanataspenghasilandariusaha yang diterimaataudiperolehWajibPajak yang memilikiperedaranbrutotertentu, yaitusampaidenganRp 4.800.000.000.

sumber :

https://poekickstarter.com/ocean-survival-3d-apk/