NAMA-NAMA GARIS PADA LAPANGAN SEPAK BOLA

NAMA-NAMA GARIS PADA LAPANGAN SEPAK BOLA

NAMA-NAMA GARIS PADA LAPANGAN SEPAK BOLA

NAMA-NAMA GARIS PADA LAPANGAN SEPAK BOLA

Fungsi garis tersebut bisa saja menjadi batas bola ataupun batas antara masing-masing team.

1. GARIS UTAMA LAPANGAN

Garis ini memiliki sebutan sebagai Touch Line. Lapangan sepak bola memiliki garis utama, yang dimana jika bola keluar dari garis tersebut dianggap out. Touch Line sama dengan panjang lapangan dan untuk istilah Goal Line sama dengan ukuran lebar lapangan.

2. LINGKARAN DAN GARISTENGAH LAPANGAN(HALFWAY LINE)

Ukuran diameter lingkaran tengah adalah radius 9,5 meter. Lingkaran dan garis ini yang membatasi daerah permainan lawan saat terjadinya kick off.

Pada saat kick off setiap pemain diharuskan berada pada areanya masing-masing. Pemain lawan dilarang masuk kedalam daerah lawannya terkecuali pemain yang menjadi eksekutor saat kick off.

Pada tengah lingkaran terdapat titik putih yang disebut center spot atau titik putih yang berfungsi untuk area meletakkan bola pada saat kick off terjadi.

3. BATAS TENDANGAN PENJURU

Garis ini menjadi garis yang paling banyak tidak diketahui banyak orang. Karena garis ini tidak di wajibkan dalam peraturan ukuran lapangan sepak bola.

Fungsi utama garis batas tendangan penjuru ini adalah sebagai batas pemain bertahan lawan saat terjadi sepak pojok atau tendangan penjuru. Jarak garis ke sudut lapangan adalah 9,15 meter.

4. LENGKUNGAN PADA KOTAK PINALTI

Garis lengkungan yang berada di kotak pinalti tersebut hanya sebagai batas saat terjadinya tendangan pinalti. Di desain melengkung bukan serta merta sebagai hiasan agar lebih bagus.

Tetapi bentuknya yang melengkung untuk memastikan jarak antara bola dan pemain lain secara minimum tetap sama.

Agar tidak terjadi penumpukan pemain pada area kotak pinalti saat terjadi tendangan. Hal itu akan mengganggu konsentrasi pemain yang akan menendang pinalti pastinya.

5. GOAL AREA

Bentuk persegi panjang pada area kiper tersebut berfungsi sebagai area menendang bola kiper setelah bola keluar goal line.

Area tersebut juga menjadi daerah special bagi kiper, karena kiper tidak dapat di ganggu oleh pemain lawan pada saat berada di situ. Goal area tersebut biasa juga disebut area penjaga gawang.

6. KOTAK PINALTI

Area ini juga sering disebut dengan kotak 16, karena daerah ini memiliki lebar 16,5 meter. Kotak pinalti juga masih daerah kiper atau batas kiper bisa memegang bola dengan bebas.

Apabila pemain melanggar didalam area ini, maka akan mendaptkan tendangan pinalti yang akan dieksekusi di titik putih area ini. Jarak titik putih ke gawang adalah 11 meter.

Area kotak pinalti ini berbentuk persegi panjang yang memiliki panjang 40 meter dengan lebar 16 meter.

7. CORNER ARC

Garis ini adalah garis berbentuk busur  atau seperempat lingkaran. Area ini berada di masing-masing sudut lapangan, berarti terdapat 4 corner arc. Pada daerah ini digunakan untuk meletakkan bola pada saat melakukan tendangan penjuru.

8. CORNER FLAGPOST

Area ini juga terdapat pada setiap corner arc. Pada setiap titik ada bendera dengan tinggi 1,5 meter yang ditancapkan.

Spesifikasi untuk bendera yang digunakan adalah bendera menggunakan bahan parasit dengan ukuran 32 cm x 45 cm. Pipa yang digunakan menyangga bendera terbuat dari fiberglass berdiameter 25,4 mm.

9. TECHNICAL AREA

Berbeda dengan area lainnya, area ini berada di luar lapangan. Daerah ini berbentuk kotak persegi panjang yang berada pada salah satu sisi lapangan.

Technical area ini biasanya berada tepat di depan bangku official setiap tim. Fungsi area ini adalah untuk manager atau staf tim memberikan instruksi dan arahan kepada anak asuhannya pada saat pertandingan.


Sumber: https://homtasuwa.net/cooking-chef-master-apk/