PANEN BUAH JAMBU BIJI

PANEN BUAH JAMBU BIJI

PANEN BUAH JAMBU BIJI

PANEN BUAH JAMBU BIJI
PANEN BUAH JAMBU BIJI

Ciri & Umur Panen

Buah jambu biji umumnya pada umur 2-3 tahun akan mulai berbuah, berbeda dengan jambu yg pembibitannya dilakukan dengan cangkok/stek umur akan lebih cepat kurang lebih 6 bulan sudah bisa buah, jambu biji yg telah matang dengan ciri-ciri melihat warna yg disesuikan dengan jenis jambu biji yg ditanam & juga dengan mencium baunya serta yg terakhir dengan merasakan jambu biji yg sudah masak dibandingkan dengan jambu yg masih hijau & belum masak, dapat dipastikan bahwa pemanenan dilakukan setelah jambu bewarna hijau pekat menjadi muda ke putih-putihan dlm kondisi ini maka jambu telah siap dipanen.

Cara Panen

Cara pemanenan yg terbaik adalah dipetik beserta tangkainya, yg sudah matang (hanya yg sudah masak) sekaligus melakukan pemangkasan pohon agar tdk menjadi rusak, waktunya setelah 4 bulan umur buah kemudian dimasukkan ke dlm keranjang yg dibawa oleh pemetik & setelah penuh diturunkan dengan tali yg telah disiapkan sebelumnya, hingga pemanenan selesai dilakukan. Pemangkasan dilakukan sekaligus panen supaya dapat bertunas kembali dengan baik dengan harapan dapat cepat berbuah kembali.

Periode Panen

Periode pemanenan setelah buah jambu biji dilakukan pembatasan buah dlm satu rantingnya kurang lebih 2-3 buah, hal ini dimaksudkan agar buah dapat berkembang besar & merata. Dengan sistem ini diharapkan pemanenan buah dapat dilakukan dua kali dlm setahun (6 bulan) atau sekitar 2-3 bulan setelah berbuah, dengan dicari buah yg masak, & yg belum masak supaya ditinggal & kemudian dipanen kembali, catatan apabila buah sudah masak tetapi tdk dipetik maka akan berakibat datangnya binatang pemakan buah seperti kalong, tupai dll.

Prakiraan Produksi

Apabila penanganan & pemeliharaan semenjak pembibitan hingga panen dilakukan secara baik & benar serta memenuhi aturan yg ada maka dapat diperkirakan mendapatkan hasil yg diharapkan. Pada penanaman 400 pohon setelah 2-3 bulan dari pohon cangkokan setelah tanam sudah mulai berbunga & 6 bulan sudah mulai dipanen, pemanenan dilakukan setiap 4 hari sekali dengan hasil setiap panenan seberat 100 kg buah jambu. Di Indonesia per tahunnya dapat mencapai 53.200 ton dengan luas tanaman selebar 17.100 hektar. Harga jual sekarang ke konsumen mencapai Rp. 650,- per ikat atau sampai Rp.750/ kg.

Sumber: https://www.tanam.co.id/