Penduduk dalam Suatu Negara

 Penduduk dalam Suatu Negara

Salah satu unsur yang ada dalam suatu Negara adalah adanya penduduk atau rakyat. Penduduk atau penghuni suatu Negara adalah semua orang yang mendiami wilayah Negara pada waktu tertentu yang tunduk pada peraturan dan pemerintah setempat. Secara sosiologi lazim disebut rakyat dari Negara tersebut, yaitu sekumpulan manusia yang dipersatukan oleh suatu rasa persamaan dan yang bersama-sama mendiami suatu wilayah tertentu.

  1. Rakyat dapat dibedakan menjadi dua dalam hubungannya dengan daerah tertentu didalam suatu Negara,
  2. Penduduk adalah mereka yang bertempat tinggal dalam wilayah suatu Negara (Menetap). Biasanya mereka disebut penduduk adalah orang yang lahir dan hidup secara turun temurun dalam suatu Negara tertentu.
  3. Bukan penduduk adalah mereka yang berada dalam suatu wilayah Negara untuk sementara waktu seperti turis mancanegara, orang-orang asing yang menjadi pelajar dan mahasiswa, serta orang-orang asing yang menjadi tenaga kerja dalam suatu Negara. Di Indonesia penduduk dan bukan penduduk mempunyai perbedaaan hak dan kewajiban. Perbedaan tersebut misalnya kepemilikan kartu tanda penduduk hanya bagi yang berstatus penduduk saja.
  4. Rakyat atau penduduk yang mendiami suatu Negara ditinjau dari segi hokum terdiri dari,
  5. Warga Negara adalah mereka yang berdasarkan hokum tertentu merupakan anggota dari suatu Negara. Dapat pula diartikan bahwa yang menjadi warga Negara adalah mereka yang menurut undang-undang atau perjanjian diakui sebagai warga Negara atau melalui proses naturalisasi.
  6. Bukan warga Negara (orang asing) adalah mereka yang berada dalam suatu Negara tetapi secara hokum tidak menjadi anggota Negara yang bersangkutan, namun tunduk pada pemerintahan dimana mereka berada. Contoh duta besar, konsuler, kontraktor asing, dan sebagainya.