PENGERTIAN APA ITU LOGIN

PENGERTIAN APA ITU LOGIN

PENGERTIAN APA ITU LOGIN

PENGERTIAN APA ITU LOGIN
PENGERTIAN APA ITU LOGIN

Log masuk :

(login juga biasa disebut sebagai log in,log on,logon,signon,sign on,signin,sign in) adalah proses untuk mengakses komputer dengan memasukkan identitas dari akun pengguna dan kata sandi guna mendapatkan hak akses menggunakan sumber daya komputer tujuan.
Untuk melakukan log masuk ke sistem biasanya membutuhkan:

  • Akun pengguna : digunakan sebagai identitas berupa runtutan karakter yang secara unik merujuk ke pengguna tertentu.
  • Kata sandi : runtutan karakter berupa kunci yang dijaga kerahasiaannya terhadap orang lain.

Kedua pasang runtutan karakter itu harus tepat dan keduanya adalah pasangan yang tidak bisa dipisahkan. Kata sandi dapat berubah sesuai dengan kebutuhan, sedangkan akun pengguna tidak pernah diubah karena berupa identitas unik yang merujuk ke pengguna tertentu.
Proses ini akan membuat sesi pada mesin tujuan untuk pengguna yang melakukan log masuk. Dalam kasus pengaksesan situs Internet, situs acapkali meletakkan kuki pada komputer pengguna.

Log keluar :

(logout juga biasa disebut sebagai Log out,log off,logoff,signoff,sign off,signout,sign out) digunakan untuk mengakhiri sesi.

Remote login :

adalah salah satu layanan internet yang memungkinkan seorang pengguna internet untuk mengakses (login) ke sebuah remote host dalam lingkungan jaringan internet.dengan memanfaatkan remote login, seorang user dapat mengoperasikan sebuah host dari jarak jauh tanpa harus secara fisik berhadapan dengan host. Dari sana, user dapat melakukan pemeliharaan / maintenance, menjalankan sebuah program, atau bahkan menginstall program baru di remote host.

Penggunaan remote login umumnya digunakan oleh administrator dalam suatu jaringan. Dengan adanya layanan remote login, seorang administrator sistem jaringan dapat terus memegang kendali atas masing- masing komputer di dalam jaringan, tanpa harus mengaksesnya secara fisik. Layanan remote login juga memungkinkan seorang administrator menjaga stabilitas dan menyingkirkan bahaya dari luar di dalam suatu sistem jaringan.