Pengertian Implementasi Kebijakan

Pengertian Implementasi Kebijakan

 Pengertian Implementasi Kebijakan

 Pengertian Implementasi Kebijakan

Implementasi kebijakan pada prinsipnya adalah

cara agar sebuah kebijakan dapat mencapai tujuannya. Tidak lebih dan tidak kurang. Untuk mengimplementasikan kebijakan ekonomi SDM, ada dua pilihan langkah yang ada, yaitu: langsung mengimplementasikan dalam bentuk program atau melalui informasi kebijakan derivat atau turunan dari kebijakan ekonomi SDM tersebut. Rangkaian implementasi kebijakan dapat diamati dengan jelas yaitu dimulai dari program, proyek dan ke kegiatan.

            Implementasi kebijakan merupakan faktoryang paling penting bagi keberhasilan sebuah kebijakan. Tanpa diimplementasikan kebijakan ekonomi SDM akan menjadi dokumentasi belaka. Hal lain yang penting juga dalam implementasi kebijakan adalah tidak tidak semua kebijakan yang telah diambil dan disahkan oleh pemerintah dengan sendirinya akan dapat dilaksanakan sesuai dengan kebijakan itu.

            Pengertian implementasi yang dikemukakan oleh Solihin Abdul Wahab dalam bukunya yang berjudul Analisis Kebijakan: dari Formusali ke Implementasi Kebijaksanaan Negara sebagai berikut:

“Implementasi adalah tindakan-tindakan yang dilakukan oleh individu atau pejabat-pejabat, kelopok-kelompok pemerintah atau swasta yang diarahkan pada tercapainya tujuan-tujuan yang telah digariskan dalam keputusan kebijakan”.

            Istilah kebijakan dalam bahasa Inggris policy yang dibedakan dari kata wisdom yang berarti kebijaksanaan atau kearifan. Kebijakan merupakan pernyataan umum perilaku daripada organisasi. Kebijakan membatasi ruang lingkup yang dalam dengan menetapkan pedoman untuk pemikiran pengambilan keputusan dan menjamin bahwa keputusan yang diperlukan akan memberikan sumbangan pemikiran terhadap penyelesaian tujuan yang menyeluruh. Nugroho pada prinsipnya adalah cara yang dilakukan agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Implementasi merupakan prinsip dalam sebuah tindakan atau cara yang dilakukan oleh individu atau kelompok orang untuk pencapaian tujuan yang telah dirumuskan.

            Menurut Anderson implementasi kebijakan dapat dilihat dari empat aspek yaitu sebagai berikut:

  1. Who is involved in policy implementation

Yang berarti siapa yang mengimplementasikan kebijakan

  1. The natureof the administrative process

Yang berarti hakikat dari proses administrasi

  1. Compliance with policy content

Yang berarti kepatuhan kepada kebijakan

  1. Impcat

Yang berarti efek dan dampak dari implementasi kebijakan

Mazmanian dan Sabatier mengemukakan arti implementasi kebijakan adalah pelaksanaan keputusan kebijakan dasar, biasanya dalam bnetuk undang-undang. Namun dapat pula berbentuk perintah-perintah atau keputusan eksekutifyang penting atau badan peradilan lainnya, keputusan tersebut mengidentifikasian masalah yang ingin diatasi, menyebutkan secara tegas tujuan atau sasaran yang ingin dicapai dengan berbagai carauntuk mensrtuktur atau mengatur proses implementasinya.


Sumber: https://multiply.co.id/organ-trail-directors-cut-apk/