Pengertian Norma

Pengertian Norma

Table of Contents

Pengertian Norma

Pengertian Norma

Norma adalah

hasil dari ciptaan manusia sebagai makhluk sosial, awal mulanya norma terbentuk secara tidak sengaja dengan lama kelamaan norma-norma tersebut disusun dan dibentuk secara sadar. Norma yang terdapat dalam masyarakat berisi tata tertib atauran dan petunjuk standar yang memiliki perilaku yang sesuai atau wajar.

Manusia dilahirkan dan hidup tidak terpisahkan satu sama lain, melainkan kelompok. Hidup berkelompok ini merupakan kodrat manusia dalam memenuhi kebutuhannya. Dalam hidup berkelompok itu terjadilah interaksi antar manusia. Interaksi yang dilakukan pasti ada kepentingannya, sehingga bertemulah dua atau lebih kepentingan. Kepentingan tersebut disebut “kontak”.


  • Menurut Surojo Wignjodipuro, ada 2 macam kontak, yaitu :

  1. Kontak yang menyenangkan, yaitu jika kepentingan- kepentingan yang bertemu saling memenuhi. Misalnya, penjual bertemu dengan pembeli.
  2. Kontak yang tidak menyenangkan, yaitu jika kepentingan- kepentingan yang saling bertemu bersaing atau saling berlawanan. Misalnya, pemilik barang bertemu dengan pencuri.

Menyadari adanya perbedaan, manusia selalu berusaha agar tatanan masyarakat dalam keadaan tertib, aman, dan damai, yang menjamin kelangsungan hidupnya. Selain itu juga untuk mempertahankan hidupnya, setiap manusia akan terdorong melakukan berbagai usaha untuk menghindar atau melawan dan mengatasi bahaya- bahaya yang datang dari dalam maupun luar.


Tindakan manusia dalam interaksi social itu senantiasa didasari dengan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat.Norma adalah aturan yang berlaku di kehidupan bermasyarakat, yang bertujuan untuk mencapai kehidupan masyarakat yang aman, tertib dan sentosa.

  • Kata norma menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2001, Balai Pustaka :

  1. Aturan atau ketentuan yang mengikat warga kelompok di masyarakat, dipakai sebagai panduan, tatanan, dan pengendalian tingkah laku yang sesuai dan berterima, setiap warga masyarakat harus menaati yang berlaku.
  2. Aturan, ukuran, atau kaidah yang dipakai sebagai tolak ukur untuk menilai atau membandingkan sesuatu.
    Norma ini dijadikan pedoman untuk bertingkah laku, yang pada umumnya berisi perintah dan larangan.
  • Perintah, yaitu kewajiban seseorang untuk berbuat sesuatu oleh karena akibat- akibatnya dipandang baik.
  • Larangan, yaitu kewajiban bagi seseorang untuk tidak berbuat sesuatu oleh karena akibat- akibatnya dipandang tidak baik.

Baca Juga :