Pengertian Pengangguran

Pengertian Pengangguran

Pengertian Pengangguran

Pengertian Pengangguran
Pengertian Pengangguran

Pengangguran adalah orang yang masuk dalam angkatan kerja (15 sampai 64 tahun) yang sedang mencari pekerjaan dan belum mendapatkannya. Orang yang tidak sedang mencari kerja contohnya seperti ibu rumah tangga, siswa sekolan SMP, SMA, mahasiswa perguruan tinggi, dan lain sebagainya yang karena sesuatu hal tidak/belum membutuhkan pekerjaan.

Menurut Sadono Sukirno (2007:84)

Menurut Sadono Sukirno (2007:84) Pengangguran adalah suatu keadaan dimana disebuah negara tidak mencapai tingkat konsumsi tenaga kerja penuh.

Menurut Ida Bagoes Mantra

Menurut Ida Bagoes Mantra, pengangguran adalah bagian dari angkatan kerja yang sekarang ini tidak bekerja dan sedang aktif mencari pekerjaan. Konsep ini sering diartikan sebagai keadaan pengangguran terbuka.

Menurut Dumairy

Menurut Dumairy Pengangguran adalah orang yang tidak mempunyai pekerjaan, lengkapnya orang yang tidak bekerja dan (masih atau sedang) mencari pekerjaan.

Berdasarkan beberapa defenisi yang diuraikan diatas, maka dapat disimpulkan pengangguran adalah sebuah keadaan, dimana seorang angkatan kerja yang telah mencari kerja tetapi tidak mendapatkan pekerjaan.

Sumber : https://www.seputarpengetahuan.co.id/2015/03/18-pengertian-kewirausahaan-menurut-para-ahli.html