Perilaku Konsumen Menurut Para Ahli

Perilaku Konsumen Menurut Para Ahli

Perilaku Konsumen Menurut Para Ahli

Perilaku Konsumen Menurut Para Ahli
Perilaku Konsumen Menurut Para Ahli

pengertian Perilaku Konsumen menurut beberapa ahli 

a. Schiffman dan Kanuk

Perilaku konsumen adalah proses yang dilalui oleh sesorang dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi dan bertindak pasca konsumsi produk dan jasa, maupun ide yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhannya.

b. Engel, Blackwell dan Miniard

Perilaku konsumen ialah tindakan-tindakan produk jasa, termasuk proses keputusan yang mendahului dan mengikuti tindakan tersebut yang terlibat secara langsung dalam memperoleh, mengkonsumsi dan membuang suatu produk atau jasa, termasuk proses keputusan yang mendahului dan mengikuti tindakan tersebut.

c. Mowen

Perilaku konsumen merupakan aktivitas seseorang saat mendapatkan, mengkonsumsi dan membuang barang atau jasa.

d. The American Marketing Association

Perilaku konsumen membagai interaksi dinamis dari pengaruh dan kesadaran, perilaku dan lingkungan dimana manusia melakukan pertukaran aspek hidupnya.

Perilaku konsumen terdiri dari beberapa tahap

1. Tahap Perolehan (acquition ) : mencari dan membeli

2. Tahap Konsumsi (consumption) : menggunakan dan mengevaluasi

3. Tahap Pasca Beli (dispotition ) : tindakan setelah produk digunakan

Proses Keputusan Pembelian

A. Peran dalam Pembelian

1. Pencetus ide (initiator )

2. Pemberi pengaruh (influencer )

3. Pengambil Keputusan (decider )

4. Pembeli (purchase )

5. Pemakai (user )

Jenis Perilaku Pembelian

1. Perilaku pembelian kompleks

2. Perilaku pembelian mengurangi ketidaksesuaian (disonasi )

3. Perilaku Pembelian menurut kebiasaan

4. Perilaku pembelian mencari variasi

Perilaku Pembelian dapat dipahami melalui :

a. Metode introspektif

b. Metode Retrosektif

c. Metode Prospektif

d. Metode Preskripti

Faktor yang mempengaruhi Perilaku Konsumen

a. Faktor Kebudayaan

Ø Budaya

Ø Sub Budaya

Ø Kelas sosial

b. Faktor Sosial

Ø Kelompok Referensi

Ø Keluarga

Ø Peran dan Status

c. Faktor Pribadi

Ø Usia dan Daur Hidup

Ø Pekerjaan

Ø Kondisi ekonomi

Ø Gaya Hidup

Ø Kepribadian

Ø Konsep diri

e. Faktor Psikologi

Ø Motivasi

Ø Persepsi

Ø Sikap

Ø Kepercayaan

Sumber : https://pendidikan.co.id/