Ruang kerja.

 Ruang kerja.

Terdapat lukisan suami istri Mr. dan Mrs. De With

Mereka adalah searang Belanda yang kaya raya  dan suka membagi – bagikan sembako juga uang. Karena sering membagikan uang masyarakat lebih sering menyebut Mr. Duit, untuk mengenang kebaikanya masyarakat sampai sekarang lebih sering menyebut kata duit ketimbang uang.

  1. Ruang Dandless 1808 – 1811.

Herman William Daendless dia dikenal di Indonesia dengan julukan si tangan besi karena kekejamanya tentang pembuatan jalan dari Anyer sampai dengan Panarukan dengan panjang   1000 KM yang dikenal dengan nama kerja paksa Rodi.

  1. Ruang Raffles

Thomas Staford Raffles dia adalah orang Inggris yang menjajah selama 5 tahun di Indonesia dari tahun 1811   s /d 1816. Raffles terkenal didunia dengan hasil karya bukunya yang berjudul “ History Of Java ” dia juga yang merintis dan membangun Kebun Raya Bogor dan menemukan sebuah bunga bangkai yang sekarang disebut degan bunga rafflesia.

  1. Penjara Bawah Tanah.

Terdapat 5 ruangan dengan panjang 6 m, lebar 3 m, dan tinggi 1.65 m. Maksimal menampung 50 orang. Pahlawan kita yang pernah ditahan diantaranya adalah Untung Suropati pada tahun 1670 dan Pangeran Diponogoro pada tahun 1830.

  1. Penjara Wanita.

Ruangan ini dulu dikenal dengan sebutan lorong gelap karena ruangan ini gelap gulita disaat jendelanya ditutup dan slalu tergenang air disaat musim hujan  pahlawan wanita yg pernah disini Cut Nyadien yg  kemudian diasingkan kedaerah Sumedang.

  1. 16. Meriam Si Jaguar

Meriam ini peninggalan Portugis dengan berat 3,5 ton dibuat di kota Maccao Cina dengan nama bengkel JAGOBARA. Pada tahun 1641 Portugis dikalahkan oleh Belanda di Malaka dan meriam ini dibawa Belanda ke Batavia dan diletakkan di benteng Diamont, terdapat tulisan “EX ME IPSSA RENATA SUM “ yg artinya “dari diriku sendiri aku dilahirkan “ menunjukan bahwa sijagur ini dituang dari 16 ( = X + I + V ) Meriam kecil. Meriam ini oleh masyarakat sekitar dianggap sebagai Dewa Kesuburan yang bisa menyembuhkan kemandulan khususnya untuk wanita. Karena dibagian belakang terdapat kepalan tangan maka dianggap sebagai simbol kejorokan oleh orang – orang  kita.

            Hukuman yang diterapkan Belanda

Tempat tiang gantung dan hukum Pancung berada dihalaman gedung ini pd masa Belanda dinamakan “ Golgenveld “  tercatat yg pernah dihukum diBalai Kota ini diantaranya :

– pd tgl 19 Juli 1676 empat orang dihukum pancung disini dgn dakaawaan                                   membunuh,

            – enam orang budak belian dipatahkan