Ruang Sunda Kalapa

Ruang Sunda Kalapa / Pajajaran

+ pada abad ke 14 Kerajaan Tarumanegara sudah tidak terdapat lagi bukti – bukti penemuannya dan dianggap hilang, di jabotabek berdiri kerajaan – kerajaan kecil dan yang paling terkenal adalah Kerajaan Pakuan Pajajaran nama Rajanya yang paling terkenal dengan gelar Prabu Siliwangi.

  1. Prasasti Batu Tulis ( duplikat )yang aslinya terdapat di Desa Batu Tulis , Bogor.

Keterangan : Legenda / susunan nama raja yang pernah memerintah dikerajaan Pajajaran . Dilokasi batu tulis ini dipergunakan sebagai pelantikan Raja – raja Pajajaran . Setelah dilantik kemudian namanya ditulis di batu ini, tertera di baris akhir nama Sri Baduga Maharaja / Prabu Siliwangi sebagai Raja terakhir.

            4.Ruang Portugis

  1. Monumen Padrao , dibaca padrong ( duplikat )

Monumen yang asli berada di Museum Nasional Jakarta, ditemukan disekitar jalan nelayan timur pasar ikan Jakarta Utara. Menguraikan tentang perjanjian antara Portugis dan Sunda Kalapa / Pajajaran. Pada tanggal 21 Agustus 1522 diadakan perjanjian parsahabatan dan perdagangan antara Portugis dengan Pajajaran. Didalam perjanjian tersebut disepakati bahwa Portugis diizinkan mendirikan sebuah benteng disekitar pelabuhan Sunda Kalapa, Raja Sunda memberikan   hadiah 1000 keranjang lada sebagai bukti dibuatlah (Monumen Tugu) orang – orang portugis menyebutnya padrong.

Selain dibuat monumen juga dibuat surat perjanjian yang ditulis dalam 2  bahasa huruf latin berbahasa Portugis ,dan huruf palawa berbahasa sangsekerta yang tertera tanda tangan masing- masing pihak.

  1. Ruang Sultan Agung dari Mataram Lukisan karya Bpk. S. Soejoyono tahun 1973

Menguraikan tentang peperangan antara VOC dan pasukan Sultan Agung pada tahun 1628 dan 1629 dimana gedung yang pertama / balai kota hancur karena di bakar oleh pasukan Sultan Agung . Yang menarik disini ada kisah legenda asal nama kota Betawi. Pada saat peperangan tersebut VOC / Belanda kehabisan peluru ( amunisi ) mereka terkepung oleh pasukan Sultan Agung yang akhirnya VOC / Belanda menggunakan peluru dari kotoran manusia ( tai ). Karena kebanyakan pasukan Sultan Agung memeluk agama islam mereka banyak yang berteriak, ada yang bilang mambu tai, mambet tai, bau tai Batavia bau tai, dsb. Maka trerjadi pelesetan Betawi asal kata dari baunya tai.

  1. Ruang Betawi

Contoh bahasa betawi yang campuran.

Alat musik gamelan gambang kromong adopsi dari kebudayaan Cina, Sunda dan Jawa.

Alat musik tanjidor adopsi dari Portugis.

Pakaian adat pernikahan Betawi.

  1. Ruang VOC / Belanda.

Lukisan Jean Peterzoon Coen.

Dialah yang membumi hanguskan Kerajaan Jayakarta pada tanggal 30 Mei 1619 yang diganti nama menjadi Batavia, dialah yang membangun kota Batavia yang mirip dengan kota di Amsterdam.

Tempat tidur pada abad ke- 17.

Senjata yaitu pedang , tombak.

Perabotan terbuat dari bahan perak yaitu piring, tempat sirih, tempat tinta, dsb.

Sumber :

https://callcenters.id/