STAI MB Gelar Workshop KKNI dan Penyusunan RPS

STAI MB Gelar Workshop KKNI dan Penyusunan RPS

STAI MB Gelar Workshop KKNI dan Penyusunan RPS

STAI MB Gelar Workshop KKNI dan Penyusunan RPS
STAI MB Gelar Workshop KKNI dan Penyusunan RPS

Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Muara Bulian menggelar Workshop Kerangka Kualifikasi

Nasional Indonesia (KKNI) dan Tehnik Penyusunan RPS untuk dosen STAI Muara Bulian pada Sabtu (03/03) kemarin.

Kegiatan ini juga dirangkai dengan Seminar Nasional Motivasi Pengembangan Diri. Workshop yang digelar di aula utama dengan menghadirkan Dr. Jamaludin, MAg (Kepala Pusat Pengembangan Mutu Kurikulum UIN STS Jambi) sebagi pemateri.

Workshop dibuka Ketua STAI Muara Bulian Zulqarnain, M.Hum, Ph.D dan diikuti seluruh dosen

dan tenaga pengajar dilingkungan STAI Muara Bulian.

Dalam sambutannya Zulqarnain mengatakan, standar nasional ini bertujuan untuk menjamin agar proses pembelajaran pada program studi mencapai mutu sesuai dengan kriteria yang ditetapkan, yaitu dengan Penerapan Kurikulum KKNI sebagai kurikulum di perguruan tinggi yang berbasis pada capaian pembelajaran.

“Dengan adanya workshop ini diharapkan STAI Muara Bulian bisa mengetahui pentingnya untuk menguatkan Capaian Pembelajaran dan RPS di program studi. Sehingga STAI Muara Bulian bisa menghasilkan lulusan yang baik dalam segi kemampuan dan juga sikap”, jelas Ketua STAI Muara Bulian.

Penyusunan Kurikulum STAI Muara Bulian saat ini Harus sudah berdasarkan KKNI dan kebijakan STAI

Muara Bulian, Perancangan kurikulum ini merujuk pada capain pembelajaran yang sesuai dengan Standar Nasional Perguruan Tinggi.

“Dulu, kurikulum perguruan tinggi didasarkan pada GBPP dan SAP, sekarang kurikulum perguruan tinggi didasarkan pada RPS,” ungkap Zulqarnain.

“Melalui workshop ini, diharapkan kita semua bisa punya satu pemahaman yang sama tentang capaian pembelajaran dan RPS, sehingga kita bisa menyusun KKNI untuk STAI Muara Bulian”, lanjutnya.

STAI Muara Bulian juga mengadakan acara Seminar Nasional Motivasi Pengembangan Diri yang menghadirkan narasumber Ahmad Mahfud Arsyad MAg (Kasi Evaluasi Pengembangan Akademik Diktis Kemenag) dan Zulqarnain, Ph.D

 

Baca Juga :