Tentang Telematika

Tentang Telematika

Tentang Telematika

Tentang Telematika
Tentang Telematika

Kalau kita berbicara tentang telematika, maka yang terlintas di benak biasanya adalah GPS dan Handphone. Sebenarnya hal-hal tersebut merupakan salah satu dari sekian banyak contoh penggunaan telematika dalam kehidupan. Telematika merupakan teknologi komunikasi, media dan informatika menurut Kerangka Kebijakan Pengembangan dan Pendayagunaan Telematika di Indonesia.

Pertama kali istilah telematika diciptakan tahun 1978 oleh Simon Nora dan Alain Minc dalam laporan mereka yang berjudul L’Informatisation de la société. Lalu laporan tersebut diberi mandat oleh presiden Perancis yang berpikir bahwa nantinya telematika ini akan dapat merubah organisasi ekonomi dan sosial, dan bahkan cara hidup kita.

Maka dimulailah pengembangan mikroprosesor yang akan menggantikan mainframe dan mini komputer. Alasannya adalah karena mainframe membutuhkan ruang dan juga energi yang besar. Sedangkan untuk mini komputer, walau lebih kecil dari mainframe, namun penggunaannya masih belum dapat digunakan untuk keperluan pribadi. Dan pada saat tersebut, komputer-komputer ini masih belum dapat terhubung antara yang satu dengan yang lain. Saat komputer semakin dikenal dan didistribusikan pada masyarakat, maka kebutuhan akan pertukaran data pun tumbuh, dan teknologi untuk menghubungkan komputer yang satu dengan yang lain muncul. Hal ini dapat dikatakan sebagai lahirnya telematika.

Pada masa sekarang, kita tidak perlu khawatir tentang seberapa besar listrik yang dibutuhkan seperti dulu, karena listrik yang dibutuhkan pun relatif kecil dan sekarang untuk mendapatkan listrik pun mudah. Kehidupan saat ini pun telah banyak menggunakan telematika. Sebagai contoh adalah mesin ATM, pemesanan tiket secara online, ataupun pencarian data secara online. Dari hal-hal itu, maka dapat dikatakan bahwa internetlah perkembangan telematika terbesar.

Dan perkembangan yang sedang dilakukan saat ini adalah komputer yang lebih kecil lagi dan hemat energi, serta terjangkau oleh masyarakat luas, seperti halnya komputer mobile dan komputer saku yang dapat menemani kita dimanapun kita berada. Teknologi telekomunikasi yang tertanam dalam perangkat mobile memungkinkan kita mengakses internet ataupun terhubung dengan perangkat lain dan dengan pengguna yang berbeda-beda. Hal ini mengarahkan kita ke bidang yang baru dari aplikasi telematika yang kadang disebut juga dengan Mobile Computing.

Sumber : https://topsitenet.com/article/247516-dosenpendidikan-introduces-high-school-study-materials-on-their-website/