TUGAS MARKETING DALAM MEMBUAT ALUR DISTRIBUSI

TUGAS MARKETING DALAM MEMBUAT ALUR DISTRIBUSI

TUGAS MARKETING DALAM MEMBUAT ALUR DISTRIBUSI

TUGAS MARKETING DALAM MEMBUAT ALUR DISTRIBUSI

Proses dan alur distribusi yang

berjalan dengan lancar artinya produk bisa sampai pada konsumen akhir dengan baik. Konsumen menginginkan produk dengan kualitas yang bagus dan diterima pada waktu yang telah dijanjikan. Alur distribusi menjadi tugas marketing yang perlu diperhatikan.

Bagian marketing perlu memperhatikan media yang digunakan untuk kegiatan distribusi dan waktu agar produk sampai tepat waktu.Semakin panjang alur distribusi semakin besar biaya yang harus dibayarkan oleh konsumen. Karena artinya banyak pihak yang terlibat dalam proses distribusi tersebut.
Sehingga perlu dipikirkan cara agar konsumen mendapatkan produk yang sesuai dengan harga yang dibayarkan. Marketing bertanggung jawab untuk memikirkan dan merencanakan agar proses dan alur pendistribusian lancar sampai ke tangan konsumen.

Saluran marketing merupakan sekumpulan organisasi yang terlibat dan saling bergantung dalam proses pembuatan dan pemasaran suatu produk. Saluran marketing ini harus diperhatikan sesuai dengan keutuhannya.

Misalnya saja untuk produk yang besar skala nasional, saluran marketing paling kecil yang bisa terlibat yaitu pedagang eceran yang menyediakan produk langsung untuk konsumen akhir. Saluran marketing ini memengaruhi berbagai kebijakan, strategi dan keputusan suatu perusahaan.

Sementara itu, saluran distribusi untuk usaha kecil yang sedang merintis dan berkembang adalah reseller. Reseller merupakan seseorang yang menjual produk orang lain dan mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan produk.

Mengembangkan banyak reseller bisa menjadi salah satu strategi yang tepat. Karena, perusahaan atau produsen bisa menjual produk dalam jumlah banyak kepada satu orang saja, berbeda dengan konsumen akhir.


Sumber: https://www.mutumed.co.id/xenoshyft-apk/